Hubungi kami di

Sebaiknya Tahu

Marak Penipuan Atas Nama Pegawai BC Batam, Begini Ciri-Cirinya

Terbit

|

Gedung Bea Cukai Batam
Gedung Bea Cukai Batam. F Ist

BEA Cukai (BC) Batam sering kali menerima laporan dari masyarakat terkait kasus penipuan yang mengatasnamakan pegawai Batam. Salah satunya yang terkini adalah pengguna nomor ponsel 081283208297 yang mengaku sebagai Kepala Kantor Pelayanan Utama BC Tipe B Batam, Ambang Priyonggo.

Modus yang paling sering digunakan pelaku adalah dengan menghubungi korban dan mengaku sebagai pegawai BC Batam. Pelaku kemudian mengiming-imingi bahwa korban menerima paket barang kiriman, namun ditahan oleh BC dan meminta sejumlah uang agar barang tersebut dapat dibebaskan.

Apabila ada yang mengalami hal serupa maka jangan langsung percaya, karena bisa jadi hal tersebut adalah modus penipuan. Berikut adalah ciri-ciri yang sering pelaku penipuan gunakan dalam menipu korban.

  • Menggunakan nomor ponsel pribadi
BACA JUGA :  Mantan Kepsek Smansa Batam Ditetapkan Jadi Tersangka

Pelaku penipuan menyamar sebagai pegawai Bea Cukai dan menghubungi korban menggunakan nomor ponsel pribadi. Pelaku bahkan menggunakan foto profil pegawai yang didapat dari internet. Untuk memastikan Tuan dan Puan dapat mengecek nomor terlebih dahulu melalui aplikasi seperti GetContact atau sejenisnya. Dalam hal barang kiriman ditegah oleh Bea Cukai, yang akan menghubungi penerima barang adalah Penyelenggara Pos, bukan pegawai langsung.

  • Meminta mentransfer sejumlah uang ke rekening pribadi

Pelaku penipuan biasanya meminta sejumlah uang untuk di transfer ke rekening pribadi. Perlu Tuan dan Puan ingat bahwa pembayaran ke Kas Negara dilakukan dengan melalui Modul Penerimaan Negara (MPN) dengan menggunakan kode billing yang dibayarkan melalui Bank/ATM/Internet Banking/sejenisnya, bukan ke rekening pribadi.

  • Sering disertai ancaman
BACA JUGA :  Gudang & 3 Kapal Terbakar, Kerugian Capai Rp. 800 Juta

Pelaku penipuan biasanya mengancam bahwa para korban akan dikenakan hukuman denda bahkan penjara. Apabila Tuan dan Puan mengalami hal tersebut, jangan panik, dan pastikan terlebih dahulu ciri-ciri yang sudah disampaikan diatas.

Lebih lanjut, apabila Tuan dan Puan mengalami hal serupa, Tuan dan Puan dapat mengkonfirmasikan hal tersebut terlebih dahulu via telepon BC Batam (0778 429446) atau Whatsapp BC Batam (085158148448) serta media sosial BC Batam (leo).

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Sebaran

Facebook

id
enid

id
enid