Hubungi kami di

Khas

Masuk Proyek Strategis Nasional, Pengembangan PLTS di Batam Mendapat Angin Segar

Terbit

|

Solar panel. F unsplash

RENCANA investasi Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Batam mendapat angin segar dari pemerintah pusat. Pasalnya, proyek besar ini masuk dalam daftar proyek strategis nasional.

Hingga saat ini, ada sejumlah nama yang diisukan akan membangun PLTS di Batam, yakni Sunseap Group dari Singapura, Toba Bara Energi serta Bright PLN Batam.

Dalam rangka meningkatkan kerja sama energi antara Indonesia dan Singapura, maka kedua belah pihak telah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) kerja sama energi sebagai kerangka kelembagaan.

“Saat ini tengah menunggu pelaksanaan proyek yang sedang berjalan, termasuk proyek PLTS Batam yang telah ditambahkan ke daftar proyek strategis nasional,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto baru-baru ini.

BACA JUGA :  KPU Kepri Tetapkan Gubernur & Wakil Gubernur Terpilih

Tindak lanjut ini merupakan hasil pertemuan antar pimpinan negara dalam pertemuan Leaders Retreat Indonesia-Singapura 2022, Januari lalu. Dalam pertemuan tersebut memang telah disepakati mengenai travel bubble, pengembangan data center di Nongsa Digital Park (NDP) hingga kerja sama di bidang energi.

“Otoritas Pasar Energi Singapura (EMA) berencana untuk mengimpor 4 gigawatt (GW) listrik rendah karbon, dan juga mengusulkan rencana investasi Sunseap untuk mengembangkan fotovoltaik surya (PV) terapung di Batam,” tambahnya.

“Kami berusaha untuk mengakomodasi minat yang meningkat dalam investasi pembangkit listrik tenaga surya di wilayah BBK dan berharap dapat bekerja sama lebih lanjut dengan Singapura untuk memfasilitasi proyek pengembangan sumber daya energi bersih dan terbarukan,” ungkapnya.

BACA JUGA :  Turun 32% Angkutan Udara Bandara Hang Nadim Sepanjang 2020

Sebelumnya, Sunseap Group menandatangani nota kesepahaman dengan Badan Pengusahaan (BP) Batam, tapi sifatnya belum benar-benar mengikat.

Meskipun begitu, BP Batam akan memberikan kemudahan akses bagi perusahaan yang berminat bangun PLTS di Batam. “Kami akan berikan kemudahan akses penelitian atau kajian, maupun perizinan pembangunan PLTS terapung tersebut. Batam memiliki 7 waduk yang dapat dimanfaatkan,” kata Kepala Biro Humas Promosi dan Protokol BP Batam, Ariastuty Sirait (leo).

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Sebaran

Facebook

id
enid

id
enid