Hubungi kami di

Berita

Mendagri dan Isu KTP Ganda

nien bagaskara

Terbit

|

MENTERI Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menegaskan bahwa temuan KTP ganda yang beredar di media sosial adalah palsu. Tjahjo meminta semua pihak untuk waspada, karena isu ini bukan temuan baru.

“Di medsos beredar soal KTP elektronik palsu satu orang dengan foto sama identitas berbeda. Ini modus berulang. Saat ada pencalonan dari pasangan calon perseorangan, ini sudah muncul. Tapi semuanya palsu karena untuk kejar jumlah dukungan,” ucap Tjahjo seperti dikutip dari laman kumpatan.com Sabtu (4/2).

Menurutnya, Kemendagri sudah melakukan pengecekan atas 3 KTP yang fotonya sama namun nama, alamat dan NIK-nya berbeda. Hasilnya, dua foto lainnya dipalsukan, karena pemilik nama itu ada.

foto : ©Dok KPU DKI Jakarta

foto : ©Dok KPU DKI Jakarta

“Info tim monitoring Pilkada Kemendagri dari Ditjen Dukcapil, menjelaskan bahwa ketiga foto itu palsu karena menggunakan data milik orang lain,” tegas Tjahjo.

Sementara, Dirjen Dukcapil Kemendagri, Zudan Arif Fakhrulloh meminta masyarakat untuk melakukan pengecekan NIK melalui website Dukcapil Kemendagri untuk mengetahui identitas dalam e-KTP, atau website KPU untuk cek DPT.

“Dalam 2 detik, langsung terjawab semua. Kalau pilkada, orang memang cari dukungan dengan modus seperti ini. Dan ini bukanlah produk Dukcapil,” ujar Zudan.

(dha/int)

 

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook