Hubungi kami di

Gaptek? Gak Lah!

Menjalankan Aplikasi Android di Windows 11 Tanpa Emulator Lagi

Terbit

|

Ilustrasi, logo Microsoft. Ist.

MICROSOFT resmi memperkenalkan Windows 11 sebagai sistem operasi (OS) terbarunya untuk komputer dan laptop. Salah satu keunggulan dari OS ini adalah kemampuan menjalankan aplikasi Android tanpa bantuan emulator, seperti Bluestacks, LeapDroid, dan sejenisnya.

Untuk bisa membawa aplikasi Android ke Windows 11, Microsoft bekerja sama dengan Amazon AppStore. Toko aplikasi Amazon ini nantinya terintegrasi dengan Microsoft Store baru untuk memudahkan pengguna mencari dan download aplikasi Android.

Perusahaan juga menggandeng Intel untuk pemanfaatan teknologi Intel Bridge agar aplikasi Android bisa beroperasi secara virtual dengan mulus di Windows 11, baik laptop berbasis prosesor Intel maupun AMD.

Di acara peluncuran Windows 11 pada Kamis (24/6), Microsoft sempat mempraktekkan bagaimana aplikasi TikTok berjalan di komputer Windows 11 dengan tampilan serupa dengan versi mobile-nya.

BACA JUGA :  Windows 11 Resmi Meluncur

Bahkan, pengguna dapat mengubah format jendela aplikasi TikTok agar bisa jalan berdampingan dengan software atau fitur komputer lainnya yang tengah dibuka.

Apa yang dilakukan Microsoft ini sebenarnya bukan hal baru.

Apple telah melakukannya lebih dulu di laptop MacBook berbasis macOS yang bisa menjalankan aplikasi iOS berkat bantuan chipset Apple M1.

Ilustrasi

Selain menambah kemampuan menjalankan aplikasi Android, Windows 11 juga hadir dengan tampilan antarmuka pengguna (user interface) yang serupa dengan macOS. Posisi tombol Start dan ikon di taskbar secara default berada di tengah, mirip sekali dengan OS laptop buatan Apple.

BACA JUGA :  Windows 11 Bisa Diinstal di Ponsel Xiaomi & OnePlus

Microsoft pun turut merombak ikon-ikon yang ada di Windows 11 menjadi lebih segar dan tegas, misal, tombol Start terlihat seperti jendela tegak lurus. Fitur Widget-nya kini lebih bersih dengan animasi yang mulus, serta pembaruan fitur Minimize yang memberikan pilihan untuk membagi tampilan layar secara proporsional sesuai keinginan.

Windows 11, lengkap dengan segala fitur terbarunya termasuk menjalankan aplikasi Android, bakal diluncurkan Microsoft secara berkala pada akhir tahun ini. Bagi pengguna PC atau laptop Windows 10, kalian bisa upgrade OS secara gratis.

(*)

Sumber : KUMPARAN | MICROSOFT 

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook