Hubungi kami di

Ini Batam

Meriahkan HUT RI di Pulau Perbatasan, Sajikan Permainan Rakyat & Tarian Tradisional

Terbit

|

Joget lambat di Belakangpadang, Kota Batam, Kepri. F. Dok. ipskpd.batam.go.id

DALAM menyambut dan memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia (RI), warga Belakangpadang, Kota Batam, akan menyajikan beragam permainan rakyat dan tarian tradisional.

Camat Belakangpadang, Yudi Admajianto, menyebutkan sejumlah permainan rakyat yang digelar di antaranya panjat pinang di tengah laut, lomba bakiak, tarik tambang, bulu tangkis, sepak takraw, dan domino.

“Jadi perayaan HUT RI, 17 Agustus di Belakangpadang tahun ini meriah, karena memang sudah dua tahun tidak dilaksanakan banyak permainan rakyat yang akan digelar dan tarian mulai dari tanggal 12-18 Agustus,” kata Yudi, dikutip dari Antara, Senin (8/8/2022).

BACA JUGA :  Kepri Raih Peringkat 7 di STQH XXVI

Yudi mengatakan pada acara puncak atau tanggal 17 Agustus nanti ada lomba sampan layar dan lomba kapal penambang antara Pulau Belakangpadang dengan Pulau Sambu.

Selain dimeriahkan dengan permainan rakyat, di daerah yang dikenal sebagai Pulau Penawar Rindu dan berbatasan dengan negara Singapura itu nantinya juga akan dimeriahkan dengan berbagai tarian tradisional.

“Ada Joget Lambak, Pop Yeye dan Bujang Dare. Terus nanti sambil menunggu lomba sampan layar, akan diselingi dengan tarian dari Nusa Tenggara Barat (NTB), tari Peresean,” kata dia.

BACA JUGA :  Beri Perlindungan, Wako Tanjungpinang Serahkan KIA untuk Pelajar SDN 006 Tanjungpinang Timur

Lalu di akhir acara pada tanggal 18 Agustus 2022, akan ada perlombaan balap becak. “Pesertanya macam-macam, ada dari Batam maupun dari pulau-pulau perbatasan. Bahkan informasinya ada juga yang dari negara Brunei Darussalam yang mau ikut sampan layar,” ungkap Yudi.

Dia berharap, dengan digelarnya acara dalam rangka menyambut hari kemerdekaan ini bisa mengobati kerinduan masyarakat Batam karena dua tahun tidak ada kegiatan seperti ini.

“Mudah-mudahan ini bisa berjalan lancar dan menambah keuntungan masyarakat di Belakang Padang,” ucap dia.

(*)

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Sebaran

Facebook

id
enid

id
enid