Hubungi kami di

Histori

OS Windows Dari Masa ke Masa

Terbit

|

Ilustrasi, © Getty images

SETELAH enam tahun sejak kehadiran Windows 10, Microsoft akhirnya memperkenalkan sistem operasi (OS) teranyarnya, Windows 11.

Salah satu pembaruan yang paling signifikan pada OS tersebut ialah hadirnya desain antarmuka (UI) yang lebih segar dan bersih.

Dengan diresmikannya Windows 11, ini menandai sudah ada 15 versi OS Windows garapan Mircosoft sejak dirilis 29 tahun silam. Lantas seperti apa transformasi penampilan Windows dari masa ke masa, mulai dari Windows 1 hingga Windows 11?

Windows 1

Tampilan muka Windows 1

Perusahaan rintisan Bill Gates dan Paul Allen ini pertama kali merilis OS untuk PC pada November 1985, yang diberi nama Windows 1.

Dari segi tampilan, Windows 1 masih sangat sederhana. Terlihat jendela aplikasi tersususn rapi yang terbagi rata dalam tiga kolom.

Windows 1 dibekali dengan sejumlah fitur, mulai dari ikon jam, game, MS-DOS Executive yang menampilkan penyimpanan file, hingga software pengolah kata.

Windows versi awal yang berjalan di atas MS-DOS ini, memungkinkan pengguna menggunakan mouse, menampilkan teks, dan gambar di layar komputer.

Ketika itu meski sudah tersedia, penggunaan perangkat mouse masih belum masif dan banyak orang yang belum terbiasa.

Sehingga Microsoft menyediakan sebuah game bernama “Reversi” (seperti gambar di atas). Game ini hanya bisa dimainkan dengan mouse. Tujuannya tak lain agar pengguna Windows 1 dapat terbiasa dengan penggunaan mouse.

Windows 2

Tampilan muka Windows 2

Dua tahun setelah kehadiran Windows 1, Microsoft meluncurkan Windows 2 pada Desember 1987. Dalam versi kedua ini, Microsoft banyak menghadirkan inovasi baru.

Misalnya kemampuan jendela aplikasi yang bisa tumpang tindih dengan aplikasi lainnya. Selain itu, fitur minimize (memperkecil) dan maximize (memperbesar) jendela aplikasi juga diperkenalkan.

Untuk pertama kalinya juga, Microsoft turut memperkenalkan “control panel”, di mana pengguna bisa mengakses beragam pengaturan sistem dan opsi konfigurasi untuk komputer miliknya. Fitur control panel masih bertahan hingga saat ini.

Tak hanya itu, software Microsoft Word dan Excel juga berjalan pertama kali di Windows 2 ini.

Windows 3

Tampilan muka Windows 3

Pada 1990, Microsoft meluncurkan Windows 3. Tampilan antarmuka Windows 3 kala itu sudah mulai lebih berwarna dan modern.

Sejumlah icon yang semula masih hitam putih pada Windows 2, sudah memiliki warna. Seperti icon aplikasi paintbrushrecorder, dan calendar. Pada versi OS ketiga ini, permainan kartu Solitaire pertama kali diperkenalkan.

Windows 3.1

Tampilan muka Windows 3.1

Alih-alih menggunakan nama Windows 4, Microsoft justru meluncurkan penerus Windows 3, dengan nama Windows 3.1 pada 1992.

Salah satu inovasi yang paling penting pada Windows 3.1 ini ialah diperkenalkannya font TrueType (TrueTypeFont/ttf). Selain itu, Microsoft juga menghadirkan game legendaris Minesweeper untuk pertama kalinya.

BACA JUGA :  Memori 'Gol Tangan Tuhan' Maradona

Windows 95

Tampilan muka Windows 95

Setelah 3.1, Microsoft kemudian merilis Windows 95. Seperti tercermin dalam namanya, sistem operasi ini dirilis pada Agustus 1995.

Di Windows 95, Microsoft menyertakan beragam pembaruan, mulai dari hadirnya tombol start dengan logo jendela khas Microsoft pada waktu itu. Lalu untuk pertama kalinya taskbar di bawah layar dan Internet Explorer muncul pada Windows 95.

Windows 98

Tampilan muka Windows 98

Pada Juni 1998, Microsoft merilis penerus dari Windows 95, yaitu Windows 98. Di versi ini, Microsoft menyertakan fitur Outlook Express, Windows Address Book, Microsoft Chat dan NetShow Player (Windows Media Player saat ini).

Di Windows 98 ini pula, Microsoft pertama kalinya memperkenalkan tombol navigasi “back” dan “forward” pada address bar di Windows explorer. Microsoft juga merilis Windows 98 Edisi Kedua pada tahun 1999.

Windows ME

Tampilan muka Windows ME

Kemudian pada September 2000, Microsoft meluncurkan Windows ME. Dari segi antarmuka, Windows ME tak membawa perubahan yang signifikan dari versi sebelumnya.

Namun, sistem operasi ini menyasar konsumen dari pasar perusahaan. Karena versi Windows ini memiliki fitur penting seperti pemulihan sistem yang lebih otomatis.

Lalu Internet Explorer versi 5.5, Windows Media Player 7, dan Windows Movie Maker juga pertama kali muncul pada Windows ME.

Windows 2000

Tampilan muka Windows 2000

Sama dengan Windows ME, Microsoft juga merilis Windows 2000 untuk konsumen dari kalangan perusahaan.

Windows 2000 menjadi versi Windoes pertama yang mendukung opsi “hibernate” alias gabungan mode shut down dan sleep ketika mematikan komputer.

Windows XP

Tampilan muka Windows XP

Berselang setahun atau tepatya pada Oktober 2001, Microsoft meluncurkan Windows XP ke pasaran. Microsot membawa perubahan pada aspek tombol start dan taskbar miliknya.

Di Windows XP, tombol start kini berubah menjadi warna hijau. Logo Microsoft pun dirombak jadi lebih modern.

Di bagian taskbar yang sebelumnya mengusung warna abu-abu, kini juga dirombak menjadi warna biru. Untuk pertama kalinya, Windows XP juga mendukung fitur bawaan untuk melakukan burning CD.

Sebagaimana dihimpun dari Guardian, Sabtu (26/6/2021), Windows XP adalah sistem operasi Microsoft yang paling lama beredar di pasaran, yakni selama 13 tahun. Windows XP baru dipensiunkan pada 2014. 

Windows Vista

Tampilan muka Windows Vista

Pada 2007, Windows Vista diluncurkan di pasaran. Melalui versi Vista, Microsoft turut memperbarui tampilan Windows, dengan mengusung elemen transparan.

Windows Media Player 11 dan Internet Explorer 7, serta Windows Defender pertama kali muncul di Windows Vista.

Sistem operasi ini juga menyertakan pengenalan suara, Windows DVD Maker, dan galeri foto. Windows Vista juga menjadi versi Windows pertama yang didistribusikan dalam bentuk DVD.

BACA JUGA :  Kaas Plateau, Lembah Seribu Bunga

Windows 7

Tampilan muka Windows 7

Pada Oktober 2009, Windows 7 dirilis. Dari segi tampilan, Microsoft masih tetap mempertahankan elemen transparan pada Windows 7 ini. Hal ini terlihat jelas dari menu start dan taskbar.

Dibandingkan Windows Vista, Windows 7 disebut memiliki kinerja yang lebih cepat, stabil, dan lebih mudah digunakan. Dalam versi ini, Microsoft turut memperkenalkan pengenalan tulisan tangan.

Selain itu, juga turut menghadirkan fitur tangkap layar (screenshot) dan fitur yang memungkinkan mengubah ukuran jendela yang lebih cepat dan otomatis.

Windows 8

Tampilan muka Windows 8

Pada Oktober 2012, Windows 8 hadir. Sistem operasi ini disebut-sebut membawa perombakan antarmuka paling radikal yang pernah dilakukan Micorosft terhadap Windows.

Pasalnya, pada Windows 8, Microsoft membuang tombol dan menu start pada desktop. Hal ini dilakukan agar sistem operasi itu lebih ramah dengan perangkat layar sentuh.

Alhasil tombol start pada desktop tersebut digantikan dengan “start screen”. Microsoft turut merombak tampilan ikon program di menu start, menjadi bentuk widget yang disusun dalam tiles.

Windows 8.1

Tampilan muka Windows 8.1

Microsoft kemudian meluncurkan Windows 8.1 pada Oktober 2013. Berbeda dari Windows 8, Microsoft ini kembali menyertakan tombol start pada desktop.

Di Windows 8.1, pengguna bisa memilih untuk langsung masuk ke desktop Windows, alih-alih masuk ke start screen seperti Windows 8.

Windows 10

Tampilan muka Windows 10

Microsoft meluncurkan Windows 10 pada 2015. Windows 10 merupakan sistem operasi penerus Windows 8.1 yang menerapkan sejumlah fitur baru, seperti teknologi personal assistant Cortana hinggakeamanan berbasis pengenalan wajah dan mata.

Sistem operasi ini juga bersifat lintas platform. Versi yang sama bisa digunakan di berbagai perangkat, baik PC, tablet, maupun smartphone. Demikian pula dengan aneka software di Windows 10 yang juga bersifat lintas platform.

Windows 11

Tampilan muka Windows 11

Nah, yang paling baru adalah Windows 11. Microsoft melakukan perombakan besar-besaran pada sistem operasi terbarunya ini.

Perombakan dimulai dari desain antarmuka (UI) yang lebih segar dan bersih, pembaruan fitur manajemen jendela tugas, peningkatan kinerja, hingga dukungan aplikasi Android.

Di bagian antarmuka, perubahan paling kentara terlihat di bagian bagian taskbar dan menu start. Menu-menu itu tidak lagi ada kiri, Microsoft menggesernya ke sisi tengah seperti di antarmuka MacOS.

Microsoft juga mengubah sedikit tampilan jendela tugas yang kini sudut sedikit membulat, alih-alih tajam seperti windows lama. Tema UI Windows 11 lebih transparan dan terlihat segar.

Microsoft turut memperkenalkan Snap Layout, Snap Group, dan Desktop yang disebut akan memudahkan pengguna untuk mengatur lebih banyak jendela dan mengaksesnya lebih cepat, ketika sedang melakukan multitasking.

(*)

Sumber : MICROSOFT | GUARDIAN | KOMPAS

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook