Hubungi kami di

Pilihan gowest.id

Penganan Dari Ujung Utara Kepulauan Riau

Terbit

|

Kerupuk Atom Khas Anambas.

JIKA anda jalan-jalan ke daerah Kab. Kepulauan Anambas, Prov. Kepulauan Riau, rasanya kurang pas saat anda pulang ke rumah tidak membawa buah tangan cemilan khas dari daerah ujung utara Kepri ini.

Ada banyak cemilan khas dari Kepulauan Anambas, salah satunya adalah Kerupuk Atom.

Kerupuk Atom adalah cemilan dari bahan utama tepung Kanji dicampur dengan daging Ikan Tongkol Putih. Cukup sederhana pengolahan cemilan ini, sama halnya dengan pengolahan panganan kerupuk pada umumnya.

Yang berbeda dari olahan Kerupuk Atom ini adalah bentuknya. Kerupuk Atom ini dibuat berbentuk bulat kecil dan berbentuk tabung kecil-kecil. Kerupuk Atom dibuat secara tradisional dan turun temurun oleh sebagian masyarakat Anambas.

BACA JUGA :  Bea Cukai Batam Bantu Samator Kirim Oksigen Murni ke Pulau Jawa

Awalnya hanya sebagai penganan keluarga sekedar untuk teman ngopi atau ngeteh. Seiring dengan perjalanan sang waktu pangan ini pun berubah menjadi industri rumahan yang cukup punya nilai ekonomis.

Pada kesempatan kami berkunjung ke Kab. Kep. Anambas, tepatnya di Kec. Jemaja, kami berkesempatan untuk melihat salah satu home industri Kerupuk Atom ini, yakni tempat produksi Kerupuk Atom y ang memiliki merek dagang Kerupuk Atom Si Bolang.

BACA JUGA :  Pasien Positif Covid-19 Ke-5 di Batam Isolasi Diri di Rumah, Ini Penjelasan Kadinkes Kepri

Konon menurut pemilik usaha ini, nama Si Bolang ini diberikan karena tempat usaha ini pernah dijadikan sebagai tempat shooting tayangan Program Televisi bernama Si Bolang di salah satu Televisi Swasta Nasioanal.

Kami bisa menyaksikan secara langsung proses produksi pangan Kerupuk Atom ini. Harga kerupuk ini cukup terjangkau isi kantong para pembeli. Tinggal dipilih ukuran kemasannya.

Ada kemasan besar dan kemasan kecil. Jadi ingat yaa. jika anda pulang dari Anambas, pastikan anda bawa oleh-oleh Kerupuk Atom ini.

 

(zhr/ GoWestID)

 

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Sebaran

Facebook

id
enid

id
enid