Hubungi kami di

Berita

Pertama, Pabrik Toyota Dipimpin Orang Indonesia

Mike Wibisono

Terbit

|

Orang itu ialah Warih Andang Tjahjono. Warih saat ini menjabat sebagai Wakil Presiden Direktur PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) sejak 2014.

Ia orang Indonesia pertama yang memimpin pabrik Toyota di lingkup Asia Pasifik.

Hal ini cukup mengejutkan karena 95 persen saham TMMIN digenggam oleh Toyota Motor Corporation (TMC) di Jepang. Sebanyak 5 persen lainnya dimiliki PT. Astra International.

Lulusan Teknik Kimia Universitas Dipenogoro (Undip), Semarang pada 1989 itu bakal menggantikan Masahiro Nonami di bulan keempat tahun ini. Nonami telah menjadi presiden direktur di korporasi ini selama 6 tahun.

“Saya merasa sangat terhormat mendapat kepercayaan untuk menjalankan amanat melanjutkan tampuk kepemimpinan di TMMIN. Saya sangat menghormati integritas, kerja keras, dan rasa cinta Indonesia dari pendahulu saya, Masahiro Nonami, yang telah sukses membawa posisi TMMIN sebagai salah satu basis produksi dan ekspor Toyota di Asia Pasifik,” kata Warih melalui keterangan pers resmi dari TMMIN pada Senin (13/3/2017).

Warih lahir di Pati, Jawa Tengah pada 1963 silam. Begitu meraih gelar sarjana Teknik Kimia di Undip pada 1989, ia langsung berkarier di Toyota.

Berbagai posisi sudah ia rasakan. Di antaranya ialah Direktur Human Resources, General Affairs, Operation Management Consulting (2009-2011) dan Direktur Vehicle Manufacturing Karawang Plant & Production Engineering (2011-2014).

Toyota saat ini mempunyai dua pabrik perakitan mobil di Karawang, Jawa Barat, di bawah kendali TMMIN. Dengan total kapasitas produksi 250 ribu unit per tahun untuk kedua pabrik itu, Toyota merakit tujuh model yaitu Kijang Innova, Fortuner, Vios, Limo, Yaris, Sienta, dan Etios Valco

Tahun lalu, dari 218 ribu unit yang diproduksi, sebanyak 169 ribu diekspor secara unit utuh ke belasan negara di dunia. Jumlah tersebut berkontribusi 87 persen dari total ekspor mobil dari Indonesia. ***

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook