Hubungi kami di

Inspirasi

Pria Yang Mengajar “Cuma” Dua Siswa

iqbal fadillah

Terbit

|

DESA Guantang adalah sebuah desa kecil di Chongqing, daerah barat daya Tiongkok. Di sana ada sebuah sekolah yang cuma dihuni tiga orang. Lebih tepatnya hanya ada dua siswa dan satu guru.

Seperti yang dilansir dari english.cri.cn, sekolah dasar tersebut hanya punya satu guru bernama Yang Jinhua. Dia satu-satunya guru di sekolah dasar Muqiao dan hanya memiliki dua siswa.

Foto : Xinhua

Foto : Xinhua

Kenapa cuma punya dua siswa?

Pada tahun 1981, sekolah yang terletak di gunung itu kekurangan guru. Yang Jinhua yang saat itu baru berusia 18 tahun selepas lulus SMA kemudian melamar jadi guru. Lebih dari 35 tahun, ia mendedikasikan hidupnya di sekolah tersebut.

Foto : Xinhua

Foto : Xinhua

Hanya saja tak dijelaskan secara pasti penyebab utama kenapa jumlah siswa kemudian menyusut dari tahun ke tahun.

BACA JUGA :  Realita Satir Dalam Komik

Di usianya yang saat ini sudah 53 tahun, Yang Jinhua bertekad akan tetap mengajar meski muridnya cuma satu. Selain mengajar, ia juga menyempatkan diri untuk memperbaiki jalan raya yang menuju sekolah. Tujuannya agar murid-muridnya tidak kesusahan untuk melintasinya saat turun hujan lebat.

Foto : Xinhua

Foto : Xinhua

Dedikasi Yang Jinhua memang sangat luar biasa. Dia sampai rela menolak tawaran mengajar di luar desanya dan memilih untuk tetap tinggal. Semoga ia bisa terus menyalurkan ilmunya untuk para siswa dan memberi lebih banyak untuk orang lain. ***

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook