Hubungi kami di

Kota Kita

Satgas: Kepri Tinggal Tiga Kasus Aktif Covid-19, Satu Orang Meninggal

Terbit

|

Ilustrasi: Petugas medis melakukan pemeriksaan cepat (rapid test) Covid-19 terhadap sejumlah pedagang di Pasar Botania 2, Batam, Kepulauan Riau. F. Dok. Antara

LAPORAN Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) kini kasus aktif Covid-19 tinggal menyisakan tiga orang lagi. Masing-masing satu kasus di Kota Batam, Kabupaten Karimun, dan Kabupaten Natuna.

Tjetjep Yudiana, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kepri, mengatakan sehari sebelumnya, kasus aktif Covid-19 di wilayah itu empat orang setelah ditemukan satu kasus baru di Natuna.

Namun pada hari ini, Senin (27/6/2022), kasus aktif Covid-19 tinggal tiga orang karena satu pasien, yang merupakan warga Tanjungpinang, meninggal dunia.

“Tanjungpinang nihil kasus aktif Covid-19 setelah satu orang pasien meninggal dunia,” kata mantan Kadis Kesehatan Kepri itu, dikutip dari Antara, Senin (27/6/2022).

BACA JUGA :  Jual Obat Kuat Tanpa Izin | Pria Paruh Baya Ditangkap Ditresnarkoba Polda Kepri

Tjetjep menuturkan rata-rata warga Kepri yang tertular Covid-19, cepat sembuh. Secara umum, pasien Covid-19 di Kepri tanpa gejala atau bergejala ringan setelah Omicron, varian baru Covid-19 menyebar di wilayah itu.

Pasien COVID-19 yang meninggal dunia jarang terjadi. “Kemungkinan ada penyakit penyerta di dalam tubuh pasien dengan daya tahan rendah. Namun, kasus kematian akibat Covid-19 sudah jarang terjadi,” ucapnya.

Saat ini, kata dia, tiga kabupaten lainnya di Kepri yakni Kabupaten Lingga, Kabupaten Kepulauan Anambas dan Kabupaten Bintan nihil kasus aktif COVID-19. Lingga dan Anambas lebih dari sebulan ditetapkan sebagai Zona Hijau.

BACA JUGA :  Banyak Kasus Tanpa Gejala di Klaster Baru Corona

“Tanjungpinang, Batam, Karimun, Natuna, dan Bintan masih Zona Kuning atau risiko penularan rendah,” ujarnya.

Tjetjep mengimbau warga untuk menaati protokol kesehatan terutama saat beraktivitas di tempat keramaian. Kewaspadaan perlu ditingkatkan mengingat kasus aktif Covid-19 di daerah lain di Jakarta, Pulau Jawa dan Bali meningkat.

“Kami minta warga mendukung program vaksinasi Covid-19 untuk percepatan program peningkatan kekebalan tubuh secara komunal,” katanya.

Capaian vaksinasi dosis pertama di Kepri mencapai 1.767.477 orang atau 98,05 persen, dosis kedua 1.524.500 orang atau 84,57 orang dan dosis ketiga 636.848 orang atau 46,37 persen.

(*)

Gowest.id

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Sebaran

Facebook

id
enid

id
enid