Hubungi kami di

Otto Keren!

Solusi Bagi Pelaku UKM | Gerobak Listrik “Gelis” Mulai Mengaspal di Batam

iqbal fadillah

Terbit

|

Pemilik UD Gelis Roda 3 Batam, Bambang Gunawan (tengah), berpoto bersama dengan pimpinan PT Solar Panel Indonesia dan tamu undangan. Photo : @Zhr/GoWestId

INDUSTRI Otomotif Kota Batam sebentar lagi akan diramaikan dengan kehadiran kendaraan motor roda tiga berbahan bakar listrik.

Hal ini ditandai dengan dibukanya Dealer Resmi moda tranportasi angkutan barang roda tiga berbahan bakar listrik wilayah Kepri, UD Gelis Roda 3 Batam di Komplek Ruko Tanah Mas No. 5 Sungai Panas, Batam pada Senin (25/1).

Jenis kendaraan roda tiga yang diberi label Gelis kependekan dari Gerobak Listrik ini, Diproduksi PT. Solar Panel Indonesia (SPI) yang berpuat di Cikeas, Kabupaten Bogor, Jabar.

Menurut Chief Marketing Officier Solar Panel Indonesia, Ary Tjahyono, tujuan diproduksinya jenis kendaraan bermotor model gerobak ini, sebagai upaya untuk mendukung para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM).

Menurut Ary, terobasan yang dilakuan pihaknya di SPI yakni memproduksi kendaraan roda tiga dengan bahan bakar listrik, yang diyakini dapat mebantu pelaku usaha kecil dalam menjalankan kegiatan usahanya.

“Ya kami dari PT Solar Panel Indonesia mencoba membuat terobosan baru, dengan memproduksi kendaraan roda tiga Gelis (Gerobak Listrik) ini. Upaya ini, bertujuan untuk membantu para pelaku UKM, para pedagang kecil (kaki lima) dan lain-lain dalam melakukan aktifitas usahanya” jelas Ary disela-sela acara peresmian Dealer Gelis di Batam, Senin (25/1) siang.

Aneka varian Gerobak Listrik “Gelis”. © GoWest Indonesia

Ary juga menjelaskan dalam produksinya PT SPI hingga saaat ini telah memproduksi lima model Gelis untuk kegiatan usaha kecil antara lain, model Pickup (angkutan barang), Garb (angkutan sampah), Bus (box tertutup), Retro (gerobak jual makanan) dan Kargo.

Menurutnya Kota Batam menjadi kota yang ke 10 yang telah memiliki dealer resmi Gelis sejak mulai diproduksi dan dipasarkanya produk ini pada bulan Maret tahun 2020 yang lalu. Kota-kota lain yang sudah memiliki dealer resmi Gelis diantaranya Jakarta, Karawang, Bandung, Surabaya, Tuban, Pasuruan, Bali, Lombok dll.

BACA JUGA :  ABC Bakal Produksi Batere Untuk Mobil Listrik

Ia menargetkan selama tiga bulan kedepan setelah diresmikanya dealer resmi di Batam, mampu menjual minimal 10 unit per bulan. Ary meyakini kendaraan model Gelis ini sangat cocok untuk para pelaku UKM di Batam. Selain irit operasional kendaraanya, Batam juga termasuk daerahnya terbatas dari segi luas wilayahnya.

“Saya rasa untuk di Batam ini sangat cocok produk yang kami tawarkan ini. Mengingat Batam wilayahnya cukup terbatas dan banyak pelaku ekonomi kecil yang sangat membutuhkan kendaraan yang kami produksi ini. Apalagi dengan Gelis ini, bisa mengirit sampai 75% (persen) dibandingkan kendaraan gerobak dengan bahan bakar non listrik” tuturnya.

Sementara itu, pemilik UD Gelis Roda 3 Batam, Bambang Gunawan menjelaskan, komitmen PT SPI untuk membantu para pengusaha kecil dengan memproduksi Gelis, membuat dirinya mau bergabung dan membuka dealer resmi Gelis Wilayah Kepri, di Batam.

Foto : © GoWest Indonesia

“Ya saya sangat tertarik untuk mengembangkan pemasaran si Gelis ini di Batam dan Kepri. Saya punya komitmen yang sama untuk membantu pelaku UKM Batam. Kedepan saya juga akan bekerjasama dengan para pihak yang berkepentingan dengan produk ini, seperti pelaku UKM, pihak pemerintah, dan lain” tutur Bambang.

Gerobak Listrik atau Gelis dipasaran dibandrol dengan harga Rp 17 juta hingga Rp 24 juta per unit. Dengan menggunakan sparepart 60% produk lokal dan 40% import telah memiliki ijin kelayakan pakai yang pertama dibandingkan dengan kendaraan jenis yang sama lainya.

Dengan kemampuan kecepatan jelajah 30 Km per jam, Gelis dilengkapi dengan Batrei 26 AH dan daya listrik yang mampu diserap 300 Watt dengan masa pengisian ulang selama 3 jam.

*(Zhr/GoWestId)

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook