Hubungi kami di

Berita

Suku Koroway, Suku Rumah Pohon di Papua

iqbal fadillah

Terbit

|

JAUH di pedalaman timur Indonesia, tepatnya di Papua, Suku Korowai telah ratusan tahun hidup di rumah pohon. Suku ini telah hidup selaras dengan alam dan jauh dari peradaban dunia.

Selain terkenal akan keindahan alamnya, Papua juga dikenal sebagai daerah yang mempunyai suku paling banyak di Indonesia. Suku-suku itu mempunyai ciri khas dan keunikan tersendiri dalam kehidupan sehari-harinya. Salah satunya adalah Suku Korowai yang juga dikenal dengan sebutan Suku Orang Pohon.

Foto : goodnewsfromindonesia.org

Foto : goodnewsfromindonesia.org

Suku Korowai mendiami Distrik Kaibar, Kabupaten Mappi, Papua. Sebenarnya mereka juga terbagi-bagi lagi menjadi tiga suku yaitu Suku Korowai Kombai, Korowai Batu dan Korowai Rawa.

Mengutip dari mappikab.go.id, Senin, 11 Juli 2016, suku ini mempunyai rumah di atas pohon dengan ketinggian hingga mencapai 30 meter. Bahkan ada juga rumah yang tingginya sekitar 50-60 meter.

Koroway2

Tidak hanya rumah, suku ini memiliki ketinggian 30 meter. Rumah suku asli Papua ini hanya berukuran 6×3 meter dan ditempati oleh 20 orang sekaligus. Suku ini diperkirakan berjumlah 3.000 orang.

Untuk dapat mencapai lokasi mereka, kita harus siap waktu, tenaga dan dana yang cukup, sebab aksesnya cukup sulit dijangkau dan jauh. Pesawat jenis Cesna Caravan 2008, helikopter dan speed boatadalah jenis transportasi untuk menuju wilayah mereka.

Bila menaiki speed boat, di sisi kiri dan kanan sungai menuju wilayah suku ini, Anda dapat melihat keindahan dari hutan-hutan Papua. Kampung-kampung kecil di pinggiran sungai juga akan ditemui sepanjang perjalanan menuju tempat tinggal Suku Koroway.  ***

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook