Hubungi kami di

Khas

Tiba di Bumi, Astronaut NASA Pegang Rekor Terlama di ISS

iqbal fadillah

Terbit

|

ASTRONOUT  badan antariksa Amerika Serikat, NASA, Jeff Williams  kembali ke bumi pada Selasa kemarin. Ia menjadi pemegang rekor terlama berada di International Space Station, yakni selama 534 hari. Ia kembali bersama dua astronaut lain yang berasal dari badan antariksa Rusia, Roscosmos, Alexey Ovchinin dan Oleg Skripochka.

Mereka mendaratkan Soyuz TMA-20M pukul 21.13 waktu setempat di tenggara Dzhezkazgan, Kazakstan. Soyuz TMA-20M berangkat 18 Maret lalu. TMA-20M adalah penerbangan 129 dari pesawat ruang angkasa Soyuz. Soyuz adalah misi keempat Williams ke luar angkasa.

“Tak ada astronaut Amerika lain yang punya pengalaman seperti Williams di ISS. Ia terbang ke luar angkasa sejak ISS masih dibangun. Ia bahkan membantu persiapan ISS,” kata Kirk Shireman, Program Manager ISS di NASA.

BACA JUGA :  Pengembangan Ekonomi Batam ala Kris Wiluan

Williams berperan penting dalam mempersiapkan stasiun kedatangan awak komersial Amerika Serikat pada masa depan. Ia dan rekannya, Kate Rubins, memasang docking adapter pertama. Adaptor yang dilengkapi dengan sensor dan sistem ini bertujuan menghubungkan pesawat ruang angkasa yang membawa astronaut ke stasiun.

Melalui akun Twitter-nya, @Astro_Jeff, Williams berterima kasih atas dukungan rekan kerja, tim, teman, dan keluarganya. Ia juga mencuit akan sangat merindukan pemandangan bumi dari luar angkasa. Ia menyertakan foto bumi dari luar angkasa dalam cuitannya. ***

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook