Hubungi kami di

Bintan

Tour de Bintan 2022, Pemkab Bintan Targetkan 3.000 Wisman

Terbit

|

Pebalap memacu sepeda melewati wilayah Kawasan Ekonomi Khusus Galang Batang saat mengikuti Tour de Bintan di Kabupaten Bintan, Provinsi Kepri, Sabtu (30/3/2019). F. Dok. Republika.co.id

GELARAN Tour de Bintan 2022, diharapkan mampu menarik kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) untuk datang ke Bintan. Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Bintan, Arif Sumarsono, menargetkan sebanyak 3.000 orang wisman saat Tour de Bintan.

Menurut Arif, target 3.000 orang kunjungan wisman saat Tour de Bintan itu realistis, mengingat jumlah peserta dalam kegiatan pariwisata berskala internasional itu mencapai 800 orang.

“Kita perkirakan masing-masing peserta membawa anggota keluarganya, seperti istri dan anak-anak,” kata Arif dikutip dari Antara, Minggu (21/8/2022).

Dia menyebutkan, para peserta berasal dari Singapura, Inggris, Australia, Malaysia, Amerika, Jepang, Prancis, Jerman, Filipina ,dan Hong Kong. Peserta juga ada yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

BACA JUGA :  Kunjungan Wisman Terus Meningkat, Pemko Batam Siapkan Iven dan Destinasi Wisata Baru

Jumlah peserta yang paling banyak berasal dari Singapura mencapai 40 persen, sementara Inggris 13 persen, Australia 7 persen dan Malaysia 4 persen. Sementara peserta dari Indonesia sebanyak 5 persen.

“Berdasarkan pengalaman kami dalam menyelenggarakan kegiatan ini, rata-rata peserta tidak datang sendirian. Mereka ada yang membawa anggota keluarganya, ada juga bersama teman-temannya,” katanya.

Mantan Camat Gunung Kijang itu, mengemukakan Tour de Bintan dilaksanakan pada 14 Oktober 2022. Seluruh peserta Tour de Bintan diarahkan untuk menginap di sejumlah hotel mewah di kawasan pariwisata di Lagoi, Bintan.

“Mereka nginap di Lagoi lantaran seluruh peserta mulai start di Simpang Lagoi,” katanya.

Arif memperkirakan setiap peserta nginap di hotel 3-5 hari. Masing-masing peserta dan keluarga diperkirakan dapat menghabiskan uang sekitar Rp 2-5 juta per hari.

BACA JUGA :  Batas Akhir 31 Juli, Pemko Tanjungpinang Ingatkan Warga Segera Bayar PBB-P2

“Tentu ini juga berdampak positif terhadap bisnis pariwisata, termasuk meningkatkan usaha mikro kecil dan menengah, dan menambah pendapatan daerah,” katanya.

Pembalap sepeda dalam Tour de Bintan akan melintasi sejumlah kawasan pariwisata di daerah itu, dimulai dari kawasan Simpang Lagoi. Peserta dapat menikmati udara segar, pantai yang indah sambil berolahraga sepeda.

Panitia telah menetapkan kategori dalam Tour de Bintan yakni Individual Time Trial sepanjang 175 kilometer, Grand Fondo Challenge 85 kilometer, Grand Fondo Classic 146 kilometer, Grand Fondo Century 108 kilometer, dan Grand Fondo Discovery 55 kilometer.

(*)

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Sebaran

Facebook

id
enid

id
enid