Hubungi kami di

Ini Batam

Ujicoba E-Parking Dengan Menggandeng Operator Seluler

nien bagaskara

Terbit

|

Ilustrasi : erpfm.com

ELECTRONIC Parking  atau e-Parking akan segera diujicobakan oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Batam.  Uji coba elektronik akan dilakukan pada  Desember mendatang.

Pada tahap awal ini, akan diujicoba 100 titik e-parking.

“Setiap titik akan dijaga oleh 1 jukir dan handphonenya dari operator seluler Telkomsel. Makanya kita buat kerjasamanya dulu,” ujar Kepala UPT Parkir Dinas Perhubungan Kota Batam, Alexander Banik, Rabu (13/11).

Menurut Alex, e-parking ini akan dihubungkan  ke t-cash milik Telkomsel. Dengan begitu,  masyarakat dapat mengisi saldonya melalui fasilitas milik operator seluler tersebut.

“Makanya kita harus kerjasama dulu untuk mengoneksikan e-parking Batam sama tiket itu, pembeliannya juga bisa di Indomaret, Alfamart,” kata dia.

Setiap orang nantinya harus memiliki 2 aplikasi. Di antaranya aplikasi e-parking dan t-cash.

“Aplikasi itu tak bisa sembarangan. Harus ada kerjasama,” kata dia.

Alex menambahakan tahap pertama wilayah uji cobanya, e-parkir ini akan diterapkan di daerah perkantoran yang halaman kantornya menggunakan badan jalan, seperti ruko.

BACA JUGA :  Membunuh di Tanjungpinang | Pelaku Ditangkap di Batam

“Misalnya seperti bank yang ada di ruko. Kalau area kawasan PT, tak mungkin berbayar. Kalau kita terapkan di pasar, belum semua masyarakat kita mengerti dan memiliki ponsel android,” kata Alex.

Saat ini pihaknya sedang mengupayakan kerjasama dengan pihak lain terkait penyelenggaraan dan teknis e-Parking. Setelah itu, Dishub segera sosialisasi kepada masyarakat kota Batam.

“Harapan kita awal tahun sudah bisa dijalankan. Sosialisasi dan uji cobanya akan kita lakukan setelah MoU ini,” ujarnya.

 

(*)

 

 

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook