Hubungi kami di

Tanjung Pinang

Vaksinasi Covid 19 Untuk Pelaku Perjalanan Hingga 22 Oktober 2021

Terbit

|

Vaksinasi penumpang oleh petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Tanjungpinang. Ist.

HINGGA 22 Oktober mendatang, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Tanjungpinang masih akan memfasilitasi vaksinasi Covid-19 bagi para pelaku perjalanan. Jika minat masyarakat masih tinggi, akan diperpanjang hingga Kepri berhasil mencapai target vaksinasi.

“Untuk sekarang masih kita laksanakan selama dua pekan, dari tanggal 8 Oktober kemarin sampai 22 Oktober. Nanti kita lihat, kalau masih ramai animonya akan kita perpanjang,” ujar Agus Jamaludin, Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Tanjungpinang, Senin (11/10/2021).

Sejak dua hari dibuka, KKP berhasil memberikan vaksinasi bagi 54 orang pada Jumat dan 44 orang pada Sabtu. Sedangkan Minggu, KKP belum dapat memberikan layanan vaksinasi Covid-19 karena ketersediaan vaksin.

Padahal para pelaku perjalan merasa terbantu dengan disediakannya layanan vaksinasi di Pelabuhan Sri Bintan Pura ini. “Mereka merasa terbantu sekali. Selain hemat karena tidak perlu keluar biaya antigen untuk yang dosis 2, juga tidak perlu antri seperti di fasilitas vaksinasi lain,” terang Agus.

BACA JUGA :  Miliki Banyak Potensi Wisata | Disbudpar Siap Kembangkan Homestay di Pulau Ngenang

Karena itu KKP akan segera berkoordinasi dengan gudang farmasi, agar diberi kelonggaran untuk dapat mengambil vaksin di hari Sabtu agar dapat digunakan untuk hari Minggu. Pasalnya saat ini vaksin hanya dapat diambil pada hari akan digunakan. Sedangkan vaksin yang tidak terpakai, harus dikembalikan ke gudang farmasi pada hari yang sama.

“Kita harus berfikir realistis juga. Karena Minggu itu ramai orang yang berpergian. Jadi kami akan coba ke Kadis Kesehatan Kota Tanjungpinang untuk minta kelonggaran, agar kami dapat melakukan vaksinasi di hari Minggu. Rantai penyimpanan kami sudah sangat memenuhi syarat,” tambah Agus.

Selain di Pelabuhan SBP, vaksinasi untuk para pelaku perjalanan juga dilakukan di Bandara Raja Haji Fisabilillah.

Sebelumnya KKP juga membuka layanan vaksinasi bagi pelaku perjalanan dengan kapal Pelni di Pelabuhan Sri Bayintan, Kijang. Namun kini dihentikan, karena ternyata sebagian besar pelaku perjalanan sudah melakukan vaksinasi dosis lengkap.

BACA JUGA :  BP Batam Raih Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2020

KKP membuka layanan vaksinasi Covid-19 ini, untuk menjaga capaian vaksinasi di Kepri. Juga untuk menjaga level PPKM Kepri agar tetap di level 1. Saat ini capaian vaksinasi dosis 1 di Kepri sudah 82,73 persen untuk dosis 1 dan 58,48 persen untuk dosis 2.

(*/gas)

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook