Dengan mengakses situs GoWest.ID, anda setuju dengan kebijakan privasi dan ketentuan penggunaannya.
Setuju
GoWest.IDGoWest.ID
  • Reportase
    ReportaseSimak lebih lanjut
    Wagub Nyanyang Haris Buka Forum SUNs Batam 2025
    1 jam lalu
    Komisi XIII DPR RI Gelar Konsultasi Publik RUU Perlindungan Saksi dan Korban di Batam
    6 jam lalu
    Puluhan Kios di Simpang Helm Batam Centre Digusur
    6 jam lalu
    Kapal Kujang 642 Lantamal IV Batam Amankan 20 Ton Solar Tanpa Dokumen dari KM Meneer
    10 jam lalu
    Buka Hubungan Kemitraan Ekonomi Antara Kota Batam Dengan Uni Emirat Arab
    13 jam lalu
  • Ragam
    RagamSimak lebih lanjut
    Dunia Sepakbola Berduka, Diogo Jota Meninggal Dunia Akibat Kecelakaan
    13 jam lalu
    Disdik Batam Catat 1.039 Siswa Belum Tertampung di Sekolah Negeri
    2 hari lalu
    Proses SPMB SD Selesai, Pemko Batam Cari Solusi Calon Siswa Tak Tertampung
    5 hari lalu
    Pemberlakuan Jam Malam untuk Pelajar di Tanjungpinang Mulai Tahun Ajaran 2025/2026
    6 hari lalu
    Bandar Rhio Tanjungpinang, Juli 1846
    1 minggu lalu
  • Data
    DataSimak lebih lanjut
    Taman Rusa Sekupang, Batam
    5 hari lalu
    Raja Ja’far Ibn Raja Haji Fisabilillah (Yang Dipertuan Muda Riau VI)
    5 hari lalu
    Pulau Citlim, Karimun
    6 hari lalu
    Pulau Pekajang, Lingga
    2 minggu lalu
    Pulau Combol (Tjombol)
    1 bulan lalu
  • Program
    ProgramSimak lebih lanjut
    Pelayanan Publik BP Batam : Ngobrol Bareng Deputi VI, Ariastuty Sirait #ComingSoon
    20 jam lalu
    Ngobrol Everywhere | Bicara Pelayanan Umum BP Batam Bersama Ariastuty Sirait
    2 hari lalu
    “Segudang Masalah Nelayan di Perairan Teluk Belian” | NGOBROL EVERYWHERE (Full)
    7 bulan lalu
    17
    Ngobrol Everywhere | Nelayan Bengkong dan Segudang Masalahnya
    7 bulan lalu
    Hunting Photo Malam di Washington, DC
    12 bulan lalu
  • Sudah Punya Akun?
TELUSUR
  • Reportase
    • Artikel
    • Serial
    • In Depth
    • Berita Video
    • Cerita Foto
    • Live!
  • Ragam
    • Budaya
    • Pendidikan
    • Lingkungan
    • Sports
    • Histori
    • Catatan Netizen
  • Data
    • Infrastruktur
    • Industri
    • Statistik
    • Kode Pos
    • Rumah Sakit
    • Rumah Susun
    • Tokoh
    • Wilayah
    • Situs Sejarah
    • Seni
  • Partner
    • VOA Indonesia
    • BenarNews.org
  • Yang Lain
    • Tentang Kami
    • Disclaimer
    • Privacy Policy
    • Pedoman Media Siber
Menyimak: Tidak Ada Kenaikan Tarif Air | SPAM Batam : “Tagihan Sesuai Dengan Angka Dalam Meteran”
Sebar
Notifikasi Simak lebih lanjut
Aa
Aa
GoWest.IDGoWest.ID
  • Reportase
  • Ragam
  • Program
  • Data
  • Reportase
    • Artikel
    • Serial
    • In Depth
    • Berita Video
    • Cerita Foto
    • Live!
  • Ragam
    • Budaya
    • Pendidikan
    • Lingkungan
    • Sports
    • Histori
    • Catatan Netizen
  • Data
    • Infrastruktur
    • Industri
    • Statistik
    • Kode Pos
    • Rumah Sakit
    • Rumah Susun
    • Tokoh
    • Wilayah
    • Situs Sejarah
    • Seni
  • Partner
    • VOA Indonesia
    • BenarNews.org
  • Yang Lain
    • Tentang Kami
    • Disclaimer
    • Privacy Policy
    • Pedoman Media Siber
Sudah Punya Akun di GoWest.ID? Sign In
Ikuti Kami
  • Advertorial
© 2025 Indonesia Multimedia GoWest. All Rights Reserved.
In Depth

Tidak Ada Kenaikan Tarif Air | SPAM Batam : “Tagihan Sesuai Dengan Angka Dalam Meteran”

Redaksi
Editor Redaksi 4 tahun lalu 1.4k disimak
Sebar
450
SEBARAN
ShareTweetTelegram

POLEMIK seputar tingginya tagihan rekening air yang dialami warga Batam akhir-akhir ini kian menjadi bahan dan topik perbincangan hangat publik Batam. Terkait dengan hal tersebut, pihak SPAM Batam yang dioperasikan oleh MOYA Indonesia menegaskan, akan senantiasa menjunjung tinggi komitmen melayani untuk wujudkan kepuasan pelanggan.

Dalam keteranganya kepada GoWest Indonesia, pihak MOYA Indonesia melalui Corporate Communicatioan, Astriena Veracia menjelaskan, sebagaimana dalam kaitannya dengan penagihan rekening air, ia menegaskan bahwa SPAM Batam menagihkan kubikasi pemakaian air disesuaikan dengan kondisi pemakaian riil di rumah pelanggan yang tertera di meter air pelanggan.

Menurut Veracia, hal tersebut sebagaimana tertuang dalam Peraturan Kepala Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam No 24 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Pelayanan Sistem Penyediaan Air Minum BAB I (Pasal 1) menyebutkan bahwa Meter Air adalah alat untuk mengukur air pelanggan.

“Meter air merupakan satu-satunya panduan untuk menagihkan besaran kubukasi pemakaian air setiap bulannya, hal ini juga diatur dalam pasal 19 (ayat 1)” jelas Veracia, Rabu (6/1).

Veracia juga tidak menampik, kemungkinan tingginya tagihan rekening air tersebut terjadi akibat beberapa faktor.

“Namun sering kita jumpai adanya pemakaian air yang melonjak, dalam kesempatan ini dapat kami sampaikan bahwa, lonjakan tagihan ini seringkali terjadi karena beberapa faktor” tambahnya.

Menurut Veracia beberapa faktor yang menjadi penyebab terjadinya lonjakan tagihan air tersebut, diantaranya adalah :

• Indikasi adanya kebocoran pada instalasi dalam pelanggan, karena kondisi sesudah meter menjadi kewajiban pelanggan, untuk mengihidari kondisi ini, maka pengecekan meter secara berkala menjadi kewajiban yang harus dilakukan untuk memastikan tidak adanya kebocoran pada Instalasi dalam properti pelanggan.

• Tidak memberikan akses kepada pembaca meter juga menjadi salah satu penyebab melonjaknya tagihan, karena rumah terkunci/rumah kosong yang berakibat pembacaan meter tidak dapat dilakukan oleh petugas pembacaan di lapangan, maka penetuan kubikasi pemakaian air kepada pelanggan dilakukan dengan mengenakan tagihan estimasi.

• Dan faktor lainnya yang terkadang tidak disadari pelanggan adalah memang pemakaian kubikasi jumlah air yang dipakai memang tinggi sehingga angka stand meter yang tertera di rumah pelanggan jumlahnya meningkat, untuk itu secara bijaksana hal ini juga harus disikapi bijaksana oleh pelanggan, karena naik turun kubikasi pemakaian air sering juga terjadi.

Berdasarkan data SPAM Batam, pada bulan ini terdapat sekitar kurang lebih 300 pelanggan dengan pemakaian ekstrim, dan setelah dilakukan analisa tagihan telah sesuai stand meter.

Veracia juga menghimbau kepada para pelanggan dan masyarakat untuk segera menghubungi pihak SPAM Batam, jika pelanggan ingin menyampaikan keluhan dan informasi terkait pelayanan air bersih, termasuk masalah lonjakan tagihan.

“Jadi jika pelanggan menemukan tagihan tinggi agar segera menghubungi Call Center SPAM Batam 24 jam di 150155 atau datang ke KPP dengan membawa Foto Stand Meter, atau dapat menghubungi Media Sosial Resmi SPAM Batam dengan menyebutkan detail nama pelanggan, nomer ID Pelanggan serta no telphone yang bisa dihubungi untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut” jelas Veracia.

Dilain pihak, terkait adanya polemik tingginya tagihan air bersih ini, pihak BP Batam melalui Kabiro. Humas Protokol dan Marketing BP Batam, Dendi Gustinandar menjelaskan, bahwa BP Batam telah membahasnya dengan pihak MOYA Indonesia untuk mencari jalan keluarnya dan memberikan penjelasan kepada pihak konsumen.

“Kita sudah membahas hal tersebut dengan PT Moya dan beberapa konsumen juga telah berkomunikasi langsung dan sudah ada yang mengerti dan sepakat dengan jalan keluarnya. Untuk pelanggan2 yang mengalami hal serupa, bisa langsung menghubungi call center airminumbatam dan komitment kami memberikan yang terbaik untuk pelanggan” jelas Dendi saat dikonfirmasi pada Rabu (6/1).

Saat GoWest Indonesia mengkonfirmasi kemungkinan adanya lonjakan tagihan air ini akibat adanya kenaikan tarif air yang diberlakukan secara sepihak oleh BP Batam selaku regulator dan MOYA Indonesia selaku operator, baik Dendi Gustinandar maupun Veracia dengan tegas menyampaikan tidak ada kenaikan tarif air.

“Tidak ada kenaikan tarif air. Sejak tahun 2010 yang lalu, tarif air belum pernah ada kenaikan lagi” jelas Dendi.

*(Zhr/ GoWest.id)

Pilihan Artikel untuk Anda

Wagub Nyanyang Haris Buka Forum SUNs Batam 2025

Komisi XIII DPR RI Gelar Konsultasi Publik RUU Perlindungan Saksi dan Korban di Batam

Kapal Kujang 642 Lantamal IV Batam Amankan 20 Ton Solar Tanpa Dokumen dari KM Meneer

Buka Hubungan Kemitraan Ekonomi Antara Kota Batam Dengan Uni Emirat Arab

Dunia Sepakbola Berduka, Diogo Jota Meninggal Dunia Akibat Kecelakaan

Kaitan air bersih, khas, PT Moya Indonesia, SPAM Batam, Tagihan Air, top
Redaksi 7 Januari 2021 7 Januari 2021
Apa yang anda pikirkan
Suka sekali0
Sedih0
Gembira0
Tal peduli0
Marah0
Masa bodoh0
Geli0
Artikel Sebelumnya Tampilan Instagram Stories di Web Bakal Berubah
Artikel Selanjutnya Capitol Bergejolak Jadi Sorotan Dunia
Tinggalkan Komentar

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

APA YANG BARU?

Wagub Nyanyang Haris Buka Forum SUNs Batam 2025
Artikel 1 jam lalu 70 disimak
Komisi XIII DPR RI Gelar Konsultasi Publik RUU Perlindungan Saksi dan Korban di Batam
Artikel 6 jam lalu 72 disimak
Puluhan Kios di Simpang Helm Batam Centre Digusur
Berita Video 6 jam lalu 95 disimak
Kapal Kujang 642 Lantamal IV Batam Amankan 20 Ton Solar Tanpa Dokumen dari KM Meneer
Artikel 10 jam lalu 100 disimak
Buka Hubungan Kemitraan Ekonomi Antara Kota Batam Dengan Uni Emirat Arab
Artikel 13 jam lalu 120 disimak

POPULER PEKAN INI

Truk Pengangkut Pasir Tabrak Dua Mobil di Batam
Artikel 3 hari lalu 347 disimak
Penumpang Super Air Jet Meninggal Dalam Penerbangan Semarang-Batam
Artikel 3 hari lalu 339 disimak
Kenaikan Tarif Listrik di Batam: Data Pelanggan Terdampak
Artikel 5 hari lalu 330 disimak
Pulau Citlim, Karimun
Wilayah 6 hari lalu 314 disimak
Mulai 1 Juli 2025 Tarif Listrik di Batam Naik 1,43%
Artikel 6 hari lalu 311 disimak
- Pariwara -
Ad imageAd image
about us

Kami berusaha menjadi CITIZEN yang netral dan objektif dalam menyampaikan pandangan serta pikiran tentang apapun di dunia ini.

  • Tentang Kami
  • Privacy Policy
  • Disclaimer
Ikuti Kami
© Indonesia Multimedia GoWest 2025. All Rights Reserved.
Welcome Back!

Sign in to your account

Lost your password?