Hubungi kami di

Kota Kita

Ansar: Kepri Jadi Proyek Percontohan Penyusunan Peta Jalan Transformasi Ekonomi

Terbit

|

Gubernur Kepri, Ansar Ahmad. F. Humas Pemprov Kepri

BADAN Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) menunjuk Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) menjadi pilot project atau proyek percontohan dalam penyusunan peta jalan transformasi ekonomi.

Hal ini disampaikan Gubernur Kepri, Ansar Ahmad, ketika menyampaikan pidato dalam Rapat Paripurna Istimewa Hari Jadi ke-20 Provinsi Kepri 2022 di Kantor DPRD, Pulau Dompak, Tanjungpinang, Sabtu (24/9/2022).

“Penunjukan sebagai pilot project untuk mengoptimalkan potensi Provinsi Kepri yang telah ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK),” kata Ansar.

Gubernur menyebutkan penunjukan itu juga merupakan salah satu bagian dari agenda redesain transformasi ekonomi Indonesia untuk pencapaian visi Indonesia 2045 oleh Bappenas RI.

Ia mengatakan transformasi ekonomi dituangkan ke dalam enam strategi. Pertama, sumber daya manusia (SDM) yang dapat berdaya saing. Kedua, produktivitas sektor ekonomi.

Kemudian, ketiga, ekonomi hijau dalam penerapan sirkulasi ekonomi, pengelolaan sampah, transportasi bersih dan transisi energi. Keempat, transformasi digital dalam pengembangan pusat data, pusat digitalisasi Nongsa atau digital bridge Kota Batam dan Singapura.

Kelima, integrasi ekonomi domestik untuk mendukung infrastruktur konektivitas darat dan laut serta pengembangan klaster ekonomi. Keenam enabler dalam birokrasi dan kelembagaan yang efektif.

BACA JUGA :  Kunjungan Wisatawan ke Kepri Naik 39,58 Persen Selama Juli 2022

Ansar menyatakan transformasi ekonomi ini sangat dibutuhkan, mengingat Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri menyadari banyak masalah yang harus segera dicarikan solusinya.

“Sebagai daerah kepulauan, pembangunan di Kepri membutuhkan biaya yang tidak sedikit dan tidak murah. Untuk itu, kita juga berupaya memperoleh dana APBN dalam pembangunan beberapa proyek strategis nasional di daerah ini,” ujar Ansar.

Oleh karenanya dalam momentum peringatan HUT ke-20 Provinsi Kepri, Ansar mengajak semua pihak saling mendukung dan bekerja sama membangun provinsi ini dengan menyinergikan semua potensi yang ada.

“Tentunya kita mengapresiasi Bappenas karena memilih Kepri sebagai pilot project. Ini harus dilaksanakan sungguh-sungguh karena peta jalan transformasi ekonomi akan dikaji di sini,” ucapny.

Dalam pidatonya, Ansar juga kembali memaparkan capaian-capaian yang telah diraih Pemprov Kepri dalam dua tahun lebih kepemimpinannya bersama Wakil Gubernur Marlin Agustina. Mulai dari pertumbuhan ekonomi, peningkatan produk domestik regional bruto (PDRB), Indeks Pembangunan Manusia (IPM), tingkat kemiskinan yang bisa ditekan, penurunan tingkat pengangguran terbuka (TPT), kualitas kesehatan yang ditunjukkan keberhasilan penanganan pandemi Covid-19, serta kualitas pendidikan yang dilihat dari indikator rata-rata lama sekolah.

BACA JUGA :  Tanggulangi Bencana, Pemkab Bintan Bentuk 3 Desa Tangguh

Dia mengatakan langkah pertama yang dilakukan bersama wakilnya Marlin Agustina sejak dilantik oleh Presiden Jokowi pada 25 Februari 2021 atau saat pandemi Covid-19 masih melanda, adalah merumuskan rencana pembangunan yang inklusif, holistik, tematik, dan spasial sehingga mampu untuk pulih dari pandemi Covid-19, serta mewujudkan Kepri yang Makmur, Berdaya Saing, dan Berbudaya sesuai dengan visi RPJMD Tahun 2021-2026.

Lebih lanjut Ansar menyampaikan dalam rangka mencapai visi tersebut, Pemprov Kepri telah menyusun tujuh tujuan pembangunan, yaitu terwujudnya percepatan pemulihan dan peningkatan pertumbuhan ekonomi, terwujudnya optimalisasi potensi kemaritiman dan lingkungan, terwujudnya penguatan jaring pengaman sosial, terwujudnya pembangunan manusia yang unggul dan berkarakter.

Selanjutnya, terwujudnya tata kelola pemerintahan yang bersih, kuat dan antisipatif, terwujudnya pembinaan keagamaan, pelestarian budaya, dan harmoni masyarakat, serta terwujudnya percepatan pembangunan infrastruktur dan pengintegrasian antarpulau.

(*)

Sumber: Antara

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Sebaran

Facebook

id
enid

id
enid