Hubungi kami di

Gaptek? Gak Lah!

Bagaimana Teknologi Membantu Kita Melihat Hal yang Tak Bisa Kita Lihat?

iqbal fadillah

Terbit

|

ADA begitu banyak sisi kehidupan yang sebenarnya bisa kita lihat dari apa yang bisa kita lihat saat ini dengan mata telanjang.

Kita tidak dapat melihat – atau setidaknya mencoba – hal tertentu yang terjadi tepat di hadapan kita karena terjadi terlalu cepat. Kadang-kadang, kita juga melewatkan proses transisi warna yang halus dan kontras yang sebenarnya bisa membantu kita melihat lebih jelas dan membuat keputusan lain sepersekian detik lebih tepat dari apa yang sebenarnya bisa kita lihat.

Kadang-kadang karena keterbatasan sudut pandang, kita tidak bisa melihat beberapa hal yang sebenarnya terjadi di sekitar kita.

Kondisi-kondisi seperti itu hanya beberapa contoh kecil saja.

Tapi dalam beberapa tahun terakhir, teknologi baru telah dikembangkan untuk membantu kita melihat beberapa hal yang tidak mungkin kita lihat secara kasat mata. Dengan bantuan teknologi, ada beberapa perangkat yang memungkinkan kita melihat hal-hal yang seharusnya mustahil dilakukan dengan mata telanjang.

kami mencatat sedikitnya ada lima perangkat dan aplikasi teknologi yang bisa kita gunakan untuk menguak keterbatasan itu seperti disarikan dari laman Mashable Asia.

Gambar : Oakley

Gambar : Oakley

1. Lensa Oakley Prizm

Lensa Prizm menggunakan teknologi unik – Pengaturan warna ultra secara presisi yang bisa meningkatkan detail dari apa yang kamu lihat. Hal ini pada gilirannya meningkatkan detil objek yang bisa dilihat.

Dengan menggunakan lensa ini, kita bisa melihat hal-hal dengan cara yang berbeda dibandingkan menggunakan mata telanjang.  Lensa ini dirancang untuk meningkatkan penglihatan di lingkungan apapun, terutama saat berolahraga. Lensa ini juga mempertajam penglihatan kamu sehingga kamu dapat melihat lebih jelas dan bisa bereaksi dengan lebih cepat; perangkat ini meningkatkan pengenalan rinci untuk membantu kamu melihat apa yang kamu butuhkan untuk dilihat.

Lensa Oakley Prizm juga memperbaiki penglihatan periferal kamu (terutama ketika datang ke pelacakan benda bergerak).

2. Seek Thermal Imaging 

Kita tentu saja bisa merasakan panas. Tapi kita jelas tidak bisa melihatnya dengan mata telanjang. Di sinilah perangkat Seek Thermal Imaging bekerja. Perangkat ini bisa ditempelkan di ponsel pintar kamu. Kamera kemudian akan bekerja dengan sebuah aplikasi untuk menampilkan aktivitas termal yang memungkinkan kamu untuk melihat panas secara lebih detil.

Dengan alat ini kamu juga dapat melacak dan satwa liar, mencari kebocoran udara dan segala macam kegunaan lain. Misalnya ketika kamu ingin mendeteksi suhu suatu benda atau menemukan titik panas. Kamu bahkan dapat menggunakannya untuk mencari tahu suhu dari makanan dan minuman, sehingga dapat memastikan apakah minuman yang disajikan untuk kamu itu berasal dari pendingin biasa atau dari kulkas. Hebat, kan!

3. Dark Sky 

kilat

Dengan Mata telanjang, kadang-kadang kita bisa memprediksi kapan badai akan datang. Kita tentu saja bisa melihat langit mendung, kilatan lampu dan tanda-tanda lain dari cuaca buruk. Tapi, bagaimanapun kita tidak bisa melihat untuk tahu pasti bahwa itu akan hujan atau sekedar cuaca mendung saja.

Dengan perangkat Dark Sky, hal itu jadi mungkin dan bisa kita lakukan. Perangkat ini bisa disebut juga perangkat untuk meramalkan cuaca. Dengan menggunakan aplikasi hiperlokal baru serta teknologi inovatif untuk memberikan prakiraan cuaca secara lebih real time dari menit ke menit di lokasi tepat kita berada.

Jika di lokasi tempat kamu berada akan turun hujan dalam waktu 11 menit, aplikasi ini akan memberitahu kamu. Hal sama juga bisa dilakukan untuk perkiraan yang lebih jauh lagi, misalnya dalam rentang seminggu.

Dengan alat ini, kamu bisa melihat apa yang akan terjadi dibanding menggunakan mata telanjang.   Aplikasi ini juga bisa menunjukkan pola badai seperti terlihat dalam bentuk radar meteorologi – sehingga kamu dapat melihat badai apa yang bakal terjadi seperti layaknya yang bisa disampaikan oleh perangkat satelit.

4. Life Scanner

Bayangkan jumlah organisme kecil yang ada sekitar kamu, terutama saat kamu sedang melakukan aktifitas di alam terbuka. Sekarang pikirkan bagaimana beberapa dari mereka, benar-benar dapat kamu lihat.

Kemungkinannya adalah kamu bahkan tidak tahu sebagian besar spesies di sekitar kamu itu selama ini.  Di sinilah aplikasi LifeScanner ini hadir. Aplikasi ini bisa membantu kita melihat objek-objek kecil yang tidak mungkin bisa kita lihat dengan mata telanjang. Cukup menggunakan ponsel pintar kamu untuk melihat apa spesies-spesie kecil yang selama ini cuma bisa dillihat oleh para ilmuwan menggunakan perangkat khusus, misalnya Mikroskop.

5. RF-Capture 

Mata kita tidak bisa melihat apa yang ada di balik dinding. Tetapi RF-Capture bisa. Apikasi ini dikembangkan oleh para peneliti dari MIT’s Computer Science and Artificial Intelligence Lab. Dengan perangkat ini, kamu bisa menangkap sosok manusia di balik dinding dengan cara mengirimkan sinyal nirkabel.

Menurut para peneliti di laman mereka, perangkat ini bisa merekonstruksi sosok manusia dengan menganalisis  secara wireless sinyal refleksi keberadaannya. Para peneliti mengatakan, dengan RF capture, kita bisa tahu siapa orang di balik dinding.

Aplikasi ini berfungsi untuk melacak tulisan tangan seseorang di pesawat dari balik dinding atau mendeteksi gerakan seseorang di balik dinding. Menurut Populer Science, perangkat ini bekerja dengan menyampaikan sinyal radio melalui pemancar nirkabel. Receiver penerima perangkat kemudian mengambil sinyal untuk dipantulkan kembali oleh tubuh yang tersembunyi. Data yang dikumpulkan dari sinyal membantu menentukan siluet tubuh di sisi lain. perangkat ini bahkan dapat membedakan antara orang yang berbeda dan dapat melacak gerakan serta postur. ***

Penulis / Penerjemah : Yura

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook