Hubungi kami di

Dunia

Berpotensi Tsunami, Gempa 8,1 SR Terjang Meksiko

Mike Wibisono

Terbit

|

MEKSIKO dilanda gempa berkekuatan 8,1 SR, jumat 8/9) waktu setempat. Korban tewas akibat gempa paling kuat yang melanda Meksiko dalam 100 tahun terakhir  terus meningkat.

Dilansir dari NBCNews, tim penyelamat masih melakukan evakuasi dan mencari-cari kemungkinan korban baru di reruntuhan bangunan yang roboh di daerah pesisir yang paling dekat dengan pusat gempa.

Menurut kepala pertahanan sipil Meksiko Luis Felipe Puente, pada Jumat malam, Komite Darurat Nasional mencatat sudah 58 orang tewas dalam gempa tersebut.

Yang paling parah adalah negara bagian selatan Chiapas dan Oaxaca. Namun getaran dari gempa yang melanda sebelum pukul 1 pagi ET terasa hingga 460 mil di Mexico City. Ribuan warga berpakaian piyama melarikan diri ke jalan untuk melarikan diri dari rumah mereka yang bergetar karena guncangan gempa saat kejadian.

BACA JUGA :  Malaysia Larang Masuk Warga Indonesia, India dan Filipina Mulai 7 September 2020

Menurut Presiden Meksiko Enrique Peña Nieto, gempa ini juga memicu peringatan kemungkinan gelombang tsunami setinggi 10 kaki, lebih kuat dari gempa tahun 1985 yang menewaskan lebih dari 5.000 orang di ibu kota Meksiko.

Tapi, mengingat pusat gempa yang diprediksi berjarak 40 mil dari pantai negara itu, laporan pertama adalah bahwa sebagian besar kota Mexico City diperkirakan selamat dari terjangan tsunami.

Presiden Meksiko tersebut mengatakan bahwa setidaknya ada 62 gempa susulan. Ia memperingatkan warganya untuk segera menjauh dari lokasi gempa. Diperkirakan gempa susulan bakal menyerang dengan kekuatan 7.2 pada skala Richerl 24 jam ke depan.

(*/dha)

 

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook