Hubungi kami di

Ini Batam

BI Kepri Siapkan Rp.4 Triliun Untuk Lebaran

iqbal fadillah

Terbit

|

Ramadhan hingga Idul Fitri 1438 Hijriyah, tahun 2017 ini, Bank Indonesia Kantor Perwakilan Kepulauan Riau (BI Kepri) menyiapkan uang tunai sebanyak Rp 4 triliun.

“Uang tunai ini bisa masyarakat dapatkan melalui perbankan, kas keliling, dan kas titipan di Kota Tanjungpinang, Kabupaten Tanjungbalai Karimun, dan Kabupaten Natuna,” kata Kepala BI Kepri, Gusti Raizal Eka Putra, Jumat (9/6).

BI memperkirakan kebutuhan uang tunai di Kepri mencapai Rp 2,06 miliar. Naik 47 persen dibanding realisasi Ramadhan dan Idul Fitri tahun sebelumnya sebesar Rp 1,48 Triliun.

Peningkatan penarikan uang tunai ini disebabkan Ramadhan dan Idul Fitri bertepatan dengan musim liburan sekolah dan pembayaran gaji ke-13 atau THR yang membuat masyarakat lebih konsumtif.

Keterlambatan pengesahan APBD menyebabkan pemerintah berupaya menggesa realisasi APBD provinsi/kota/kabupaten mulai triwulan II 2017. Hal ini juga menyebabkan kebutuhan uang tunai meningkat.

Selain itu, pembukaan pengurusan Izin Peralihan Hak (IPH) secara online oleh BP Kawasan Batam bagi pengembang perumahan mempercepat proses jual beli rumah. Dan mulai terealisasinya beberapa proyek pemerintah pusat di wilayah Kepulauan Riau juga mempengaruhi permintaan uang tunai.

“Telah menjadi pola dari tahun ke tahun, bahwa menjelang Ramadhan dan Lebaran, kebutuhan masyarakat akan uang tunai rupiah semakin meningkat. Tapi tahun ini peningkatannya cukup signifikan karena ada faktor pendukung lain,” ujarnya. (*)

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook