BADAN Pengusahaan Batam (BP Batam) terus berupaya memperkuat transparansi informasi publik melalui peluncuran aplikasi terbaru, Super Apps B-Care, yang dapat diakses di e-ppid.bpbatam.go.id.
Inovasi ini diperkenalkan dalam acara bimbingan teknis pengelolaan website yang berlangsung di Hotel Oakwood Batam pada Selasa, 7 Oktober 2025. Kegiatan ini dibuka oleh Alexander Zulkarnain, anggota Deputi Bidang Administrasi dan Keuangan.
Dalam sambutannya, Alexander menekankan pentingnya peningkatan kualitas pengelolaan website dan pelayanan informasi publik yang lebih transparan.
“BP Batam sebagai penyelenggara layanan informasi publik harus terus berinovasi untuk memastikan akses yang akurat dan mudah bagi masyarakat,” ujarnya.
Sebagai bagian dari inovasi ini, BP Batam, bekerja sama dengan PDSI, telah mengembangkan formulir permohonan informasi yang lebih mudah diakses melalui Super Apps B-Care. Dengan aplikasi ini, setiap unit kerja di BP Batam akan memiliki akun B-Care untuk memproses permohonan informasi secara efisien.
Aplikasi ini menawarkan berbagai kemudahan bagi masyarakat, termasuk fitur pelacakan progres permohonan informasi dan fasilitas chat yang mendukung komunikasi dua arah antara pemohon dan BP Batam.
“Inisiatif ini merupakan komitmen kami untuk meningkatkan transparansi dan kualitas layanan informasi publik,” tambah Alexander.
Dia juga mengingatkan pentingnya perhatian dari pengelola website unit kerja untuk mengelola situs mereka dengan baik, mulai dari perencanaan hingga pengawasan. Hal ini penting untuk memperkuat ekosistem pelayanan informasi publik di BP Batam.
Acara ini dihadiri oleh 32 peserta yang terdiri dari pengelola PPID unit kerja, dan mereka mengikuti paparan serta simulasi yang disampaikan oleh Tenaga Ahli Komisi Informasi Pusat RI, Aditya Nuriyah, dan Kepala Bidang Sistem Informasi PDSI BP Batam, Rizal Safani. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Kepala Biro Umum M Taofan dan Kasubbag Pengelolaan Informasi Publik dan Antarlembaga, Muhardi.
(ham)