Hubungi kami di

Gaptek? Gak Lah!

Cek Keamanan Akun Facebook Dengan Ketik Kata BFF?

Terbit

|

Ilustrasi

PEMBAHASAN tentang skandal bocornya data jutaan pengguna Facebook belum usai dibahas, muncul lagi ‘masalah’ baru yang sengaja dibikin oleh oknum-oknum kurang kerjaan.

Mendadak tersebar publikasi di Facebook tentang imbauan pengecekan akun.

Apakah akun milik kita sudah termasuk aman atau tidak. Caranya bisa dibilang konyol.

Imbauan itu bilang, kita cukup ketik kata “BFF” di kolom komentar manapun. Jika tulisan itu berwarna hijau, maka akun Facebook kita aman.

Kalau tulisan BFF itu warna hitam, tandanya akun Facebook gak aman.

Hal yang mengherankan, imbauan seperti ini viral di jagat maya. Para netizen tidak sungkan-sungkan mencobanya karena termakan informasi yang sudah jelas hoax ini.

BACA JUGA :  Layar Telepon Tak Terlihat Untuk Privasi

Bingung kenapa bisa dipastikan ini adalah hoax?

Kalau kamu mengaku sebagai pengguna Facebook sejati, harusnya gak asing dengan fitur bernama Text Delight. Fitur ini sebenarnya sudah ada sejak 2017.

Mengutip berbagai sumber, Text Delight ini memang sengaja dihadirkan oleh Facebook untuk memberi pengalaman berbeda saat berinteraksi dengan teman di platform sosialnya. Tentu saja Text Delight ini berfungsi untuk kata-kata tertentu saja.

Contoh, jika kamu mengetik kata “BFF” di kolom komentar dan mengirim komentar itu, tulisan tersebut akan berubah menjadi warna hijau, lengkap dengan animasi yang muncul dari Facebook.

BACA JUGA :  Indonesia Tambah 6 Emas

Begitu pun dengan kata-kata seperti “LMAO” yang akan berubah warna menjadi ungu lengkap dengan animasi orang tertawa.

Lalu kata “Congrats” yang berubah menjadi jingga dan mengeluarkan animasi balon dan confetti. Hingga “Xoxoxo” bagi yang ingin memberi komentar romantis, karena akan muncul animasi bergambar hati dan tulisannya pun berubah warna pink.

Lantas, nasib mereka yang ketika mencoba mengetik “BFF” dan tulisannya tidak berubah warna alias tetap warna hitam, gimana?

Masalahnya cuma satu, aplikasi Facebook di ponselnya belum di-update!

(*)

 

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook