Hubungi kami di

Uang

Crane Container Baru Pelabuhan Batuampar Tiba Paling Lambat Februari 2023

Terbit

|

Pelabuhan Batuampar saat ini. F rifki/gowest.id

PENGEMBANGAN Pelabuhan Batuampar akan berfokus pada peningkatan kapasitas barang dan kontainer yang dapat ditampung. Sehingga Badan Pengusahaan (BP) Batam selaku pengelola pelabuhan akan mendatangkan crane container baru.

Crane container baru ini diperkirakan akan tiba di Batam, paling lambat Februari 2023 mendatang. “Sebenarnya barang keluar masuk Batam selama 2021 di Batuampar itu 620 TEUs per tahun. Dengan kondisi warga Batam, itu sudah cukup. Tapi agar bisnis logistik bisa masuk, teknologi yang ada sekarang tidak mendukung, karena butuh kecepatan dan ketepatan,” kata Kepala BP Batam, Muhammad Rudi, Kamis (4/8) di Batam Centre.

BACA JUGA :  Gubernur Isdianto Lantik 36 Pejabat di Lingkungan Pemprop Kepri

Menurut Rudi yang juga Wali Kota Batam ini, ketika kapal bertonase besar datang dari luar negeri ke Batam, maka pemilik kapal sudah menghitung biaya perjalanan laut, biaya pandu tunda, serta biaya bongkar kontainer. Makanya, mempersiapkan Pelabuhan Batuampar dengan peralatan modern menjamin perusahaan asing percaya dengan Batam.

“Sekarang ini tidak pasti, karena banyak crane kita sudah tua. Makanya perlu diperbaharui, dengan memasukkan crane baru ke Batam. Desember masuk satu, paling lambat Februari nanti,” ungkapnya lagi.

Target Rudi yakni mendatangkan 4 crane kontainer. Selain dari luar negeri, BP Batam juga tengah menjajaki kerja sama dengan Persero untuk mendatangkan crane lainnya.

BACA JUGA :  Kepala BP Batam Lakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan 3 Fasilitas Lingkungan

“Tujuannya agar bisnis logistik kontainer bisa masuk. Mengapa saya adakan, karena biar ada satu kepastian agar ada yang investasi di pelabuhan,” jelasnya.

Rudi berharap dengan kehadiran crane container baru, dapat mempersingkat dwelling time (waktu tunggu bongkar muat,red) yang selama ini cukup lama di Batuampar. “Kalau biasanya 1 kontaier dalam 1 jam, maka sekarang 5 menit sudah bisa jalan,” tuturnya.

Ia optimis bahwa kapasitas pelabuhan dapat bertambah, sehingga kepercayaan terhadap Batam semakin meningkat. “Saya butuh Batam jadi hub logistik, dimana barang-barang dari luar Batam bisa masuk kesini. Makanya persoalan ini harus segera diselesaikan,” ungkapnya (leo).

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Sebaran

Facebook

id
enid

id
enid