Hubungi kami di

Ini Batam

Dinas KP2 Batam Temukan Sapi Miliki Gejala PMK

Terbit

|

Kandang peternakan sapi di Kota Batam, Kepulauan Riau. F. Dok. ANTARA/Jessica

MENJELANG perayaan Lebaran Iduladha atau hari raya kurban, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (KP2) Kota Batam, menemukan gejala mirip penyakit mulut dan kuku (PMK) terhadap sejumlah hewan ternak sapi.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Batam, Mardanis. “Tapi ini baru suspek, ada tanda klinis, namun kami belum bisa memberi tahu sekarang,” kat Mardanis, dikutip dari Antara, Selasa (28/6/2022).

BACA JUGA :  Kemendag Nilai Harga Bahan Pokok di Batam Masih Wajar

Menurut Mardanis, saat ini hewan ternak yang memiliki gejala mirip PMK tersebut masih diawasi dan dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh pihaknya dan karantina.

Selain itu, lanjutnya, untuk memenuhi kebutuhan hewan kurban menjelang Hari Raya Iduladha, hingga saat Kota Batam sudah dua kali mendatangkan pasokan hewan ternak sapi dari Lampung Tengah.

“Pada tahap pertama sebanyak 318 hewan ternak dan sudah masuk karantina di Batam, serta sudah di bagi ke beberapa kecamatan. Lalu, tahap kedua masuk lagi 494 ekor. Dan itu masih diawasi oleh karantina, belum bisa didistribusikan ke mana-mana,” jelasnya.

BACA JUGA :  4 Tersangka Pembobol Ruko Diamankan

Mardanis menambahkan, pasokan sapi juga masih tetap diambil dari Lampung Tengah, karena saat ini pihak karantina hanya memperbolehkan Kota Batam mendatangkan hewan ternak dari sana.

“Sejauh ini di Lampung hanya dua kota yang terdampak, tapi Lampung Tengah itu steril,” tegasnya.

(*)

Gowest.id

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Sebaran

Facebook

id
enid

id
enid