Hubungi kami di

Histori

[DOKUMENTER] Ali Wardhana, Sang Arsitek Ekonomi (2)

ilham kurnia

Terbit

|

KARIR Ali Wardhana sebagai menteri keuangan terbilang cemerlang. Menteri keuangan pada Kabinet Pembangunan I, II, dan III atau sepanjang 1968 sampai 1984 tersebut mampu menurunkan inflasi tinggi atau hyper inflasi Indonesia pada saat itu.

Di mana besaran inflasi sebesar 650 persen mampu ditekannya menjadi hanya 20 persen saja dalam tiga tahun masa jabatannya.

Strateginya saat itu ialah melakukan penganggaran berimbang atau lebih dikenal dengan balanced budget.

Pada masa kepemimpinan Ali Wardhana juga, Indonesia mengalami devaluasi mata uang, yaitu pada 1977 di mana 1 USD dihargai Rp 415 dan pada 1978 di mana 1 USD senilai Rp 625.

Pria yang juga guru besar untuk Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia ini lahir di Solo pada tanggal 6 Mei 1928. Jabatan sebagai Menteri Keuangan RI diembannya sekurang-kurangnya selama 15 tahun, yakni sejak 1968 hingga 1983. Kemudian dia menjabat sebagai Menko Ekonomi, Industri, dan Pengawasan Pembangunan dalam periode 1983-1988.

BACA JUGA :  Riwayat Temenggung Abdul Jamal

Kepakarannya di bidang ekonomi telah diakui oleh dunia internasional dan membuatnya terpilih menjadi ketua Board Governors Bank Dunia dan Dana Moneter Internasional untuk periode 1971-1972.

Ali Wardhana menyelesaikan pendidikan S1 di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia pada 1958 dan melanjutkan pendidikan di University of California. Sukses meraih gelar Master of Arts di University of California pada 1961.

Dia juga berhasil menyelesaikan pendidikan doktoral dan mendapat gelar Ph.D di Universitas yang sama.

Sejumlah karya ilmiah nasional maupun internasional miliknya telah dipublikasikan. Beberapa di antaranya adalah, Foreign Exchange and its Implications in Indonesia, Ekonomi dan Keuangan Indonesia (dipublikasikan pada Oktober 1957), Beberapa segi Transmigrasi Spontan di Indonesia, Ekonomi dan Keuangan Indonesia (dipublikasikan pada Februari 1957), Inflasi dan Ketegangan-Ketegangan Strukturil, dan Lembaga Ekonomi dan Kemasyarakatan (dipublikasikan pada 1965).

——————————-

Sumber : KEMENTERIAN KEUANGAN / WIKIPEDIA / MERDEKA

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook