Hubungi kami di

Khas

Hawekini, Berangkat Dari Hobi Hingga Miliki Kedai Kopi

iqbal fadillah

Terbit

|

Gerai Hawekini Coffee Tea Chocolate Bida Asri 1, Batam Centre. Photo : @Zhr/GoWestId

MEMILIKI suatu hobi seringkali memberikan inspirasi bagi seseorang untuk terus menggeluti hobi tersebut menjadi sesuatu yang lain.

Begitupun halnya dengan Hendrawan, berawal dari memiliki hobi menikmati minum kopi, kini pria yang sehari-hari bekerja di Bandara Hang Nadim Batam ini, telah memiliki brand Coffeeshop lokal Batam dengan label Hawekini, Coffee Tea Chocolate.

Nama Hawekini sendiri merupakan perpaduan anatara nama panggilan sehari-hari sang founder, Hendrawan (Hawe) dan kata “Kini” yang mengambil istilah dari kata Kekinian.

“Awalnya saya memulai usaha ini belajar dari hobi saya sendiri, minum kopi. Lama-lama terpikir juga ingin memiliki kedai atau gerai kopi sendiri yang Kekinian” kata Hendrawan, di sela-sela pembukaan gerai Coffeeshop Hawekini di Perum. Bida Asri 1, Batam Centre pada Sabtu (19/09) lalu.

Gerai Coffeeshop Hawekini Coffee Tea Chocolate Bida Asri 1, merupakan gerai ke 3 yang telah dibuka oleh Hendrawan setelah gerai yang ada di Pelabuhan Telaga Punggur dan Bandara Hang Nadim.

Menurut Hendra, selain sebagai penyaluran hobinya, usaha Coffeeshop yang dijalani sejak pertengahan tahun 2020 ini, juga terdorong untuk memberikan alternatif lain bagi para penikmat kopi kota Batam dengan harga yang relatif terjangkau dengan kualitas sama dengan produk kopi dari brand Coffeeshop lainnya yang sudah ada.

Ditambah lagi niat usahanya membuat gerai Coffeeshop sangat didukung oleh rekan-rekannya sesama riders yang tergabung dalam club motor Funny Pirate Riders yang juga memiliki hobi yang sama, penikmat kopi.

“Kita berikan sesuatu yang lain bagi penikmat minuman kopi, teh ataupun coklat di Batam. Produk dari Hawekini bisa dibandingkan dengan Coffeeshop yang lain, begitu pun dengan harganya” jelas Hendra.

Dalam kesempatan tersebut Hendra menjelas aneka minuman kopi, teh dan cokelat yang menjadi minuman andalan Hawekini.

Diantaranya KONIRA Kopi Gula Nira, KOSAKA Kopi Saus Karamel, KONILA Kopi Vanilla, KONUTSU Kopi Hazelnut Susu dan MOCHIN Moccacino.

Sedangkan untuk minuman coklat menu andalanya adalah Dark Chocolato dan untuk teh, Authentic Lemon Tea. Adapun untuk makanannya, Hawekini memiliki menu andalan Banana Pie dan Korean Garlic.

Untuk bahan baku kopinya sendiri, Hendrawan menjelaskan dia membeli langsung dari petani kopi dari daerah Lampung. Sedangkan untuk gula pemanisnya menggunakan gula aren, yang ia cari langsung dari daerah Bayah, Banten.

“Untuk membedakan citarasa, bahan baku kopi, saya cari sendiri ke petani kopi di daerah Lampung dan gula yang kami gunakan memakai gula aren yang kami datangkan dari daerah Bayah, Banten” tuturnya.

Dalam mengembangkan usahanya Hendrawan menjalin kemitraan dengan pihak lain.

Menurutnya, Ia membuka peluang kerjasama dengan pihak lain dengan konsep Franchise.

“Ini gerai ketiga yang saya buat dengan mitra kerja, yang kebetulan juga kawan sesama riders di klub riders yang sama. Konsepnya franchise. Saya sebagai founder dan pemilik label Hawekini membuka peluang kemitraan dengan pihak-pihak lain yang berminat mengembangkan usaha ini. Tinggal siapkan tempat dan sarana pendukung lainya, kami siapakan bahan baku dan kami bantu management pengelolaanya” kata Hendra.

Di lain pihak Liyandi sebagai pemilik Hawekini Coffeeshop Bida Asri 1 menuturkan, selain punya hobi yang sama dengan founder Hawekini, dirinya sangat tertarik dengan usaha ini karena memiliki potensi yang bagus dan menjanjikan.

Selain itu menurut Liyandi, dengan membuka gerai coffeeshop ini, bagian upaya dirinya untuk membuka peluang kerja di tengah-tengah masa pandemi Covid-19 ini.

“Ya saya tertarik dengan usaha ini. Bukan hanya perkawanan dengan pemilik Hawekini saja, akan tetapi saya lihat usaha ini ada potensi bisa berkembang ke depannya. Selain itu, ini bagian dari keinginan saya dan keluarga terutama istri saya untuk membuka peluang kerja untuk orang lain” tutur Liyandi.

*(Zhr/GoWestId)

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook