Hubungi kami di

SPORT

Indonesia Tiga Besar, Vietnam Juara Umum di SEA Games 2021 (2022)

Terbit

|

Atlet menembak sumbang emas terbanyak di SEA Games. F. Dok. CNN Indonesia.com/ANTARA/ADITYA PRADANA PUTRA

KONTINGEN Indonesia mengakhiri SEA Games 2021 (2022) di posisi ketiga klasemen medali. Berdasarkan klasemen akhir perolehan medali yang dirilis NOC Indonesia (Komite Olimpiade Indonesia), Merah Putih secara total membawa pulang 241 medali.

Rinciannya, kontingen Indonesia meraih 69 emas, 92 perak, dan 80 perunggu. Perolehan tersebut membuat Indonesia menempati posisi ketiga pada perhelatan pesta olahraga se-Asia Tenggara itu, di bawah tuan rumah Vietnam dan Thailand.

Dalam pesta olahraga Asia Tenggara edisi ke-31 ini Indonesia mengirimkan 499 atlet dari 32 cabor. Dari 32 cabor yang diikuti tersebut, tiga di antaranya menjadi juara umum. Ketiganya adalah menembak, panahan, dan voli. Adapun satu cabor tidak berhasil menyumbang medali, yakni anggar.

BACA JUGA :  Hasil Liga Champions: The Citizens Lolos ke Semifinal Usai Laga Panas Kontra Atletico

Menembak menjadi cabor yang paling banyak menyumbang medali dengan 8 emas, 6 perak, dan 2 perunggu. Ini jauh melampaui target tiga emas yang dicanangkan Perbakin sebelum berangkat ke Vietnam.

Cabor lain yang menjadi juara umum adalah panahan dengan torehan 5 emas dan 1 perak. Sama seperti Perbakin, target yang dicanangkan Perpani untuk mendulang 4 emas berhasil dilampaui.

Cabor ketiga yang menjadi juara umum adalah voli, dengan 2 emas, 1 perak, dan 1 perunggu. Ini menjadi kejutan, sebab awalnya PBVSI hanya mematok target dua emas dari nomor indoor dan pantai.

Ada yang tampil melebihi target, ada pula yang jeblok. Selain anggar, di mana empat atletnya tak meraih medali, cabor atletik, renang, dan pencak silat tampil kedodoran menghadapi persaingan di Asia Tenggara.

BACA JUGA :  Tim Bulutangkis Putri Indonesia Juara BATC 2022

Chef de Mission Kontingen Indonesia di SEA Games, Ferry J kono, mengatakan perolehan medali Indonesia telah memenuhi harapan Presiden Joko Widodo, yaitu masuk tiga besar meski target 70-an emas meleset.

“Hari ini [Minggu, 22/5] menjadi pencapaian medali emas tertinggi kita selama SEA Games 2021, dengan 10 emas. Sebelumnya jumlah medali terbanyak kita itu pada 18 Mei dengan sembilan medali,” kata Ferry.

(*)

sumber: CNN Indonesia.com

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Sebaran

Facebook

id
enid

id
enid