Hubungi kami di

Ini Batam

Info Haji: 2 JCH Kloter 12 Embarkasi Batam Batal Berangkat ke Tanah Suci

Terbit

|

JCH kloter 12 menunggu keberangkatan di Bandara Hang Nadim Batam, Kepulauan Riau, Senin (27/6/2022). F. Dok. ANTARA/Jessica

DUA jemaah calon haji (JCH) yang ditergabung dalam kelompok terbang (kloter) 12 Embarkasi Batam batal berangkat ke Tanah Suci Makkah karena sakit.

Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Batam akhirnya hanya memberangkatkan 448 JCH asal Provinsi Jambi dan Riau tersebut melalui Bandara Hang Nadim Batam menuju Kota Jeddah, Arab Saudi.

“Untuk kloter 12 ini adalah gabungan Riau dan Jambi, jadi ada jemaah Riau 13 orang, dan dari Jambi 435 jemaah,” kata Ketua Kloter 12 Embarkasi Batam, Herman Hamran di Batam, dikutip dari Antara, Senin (27/6/2022).

Herman menyebutkan, dari Provinsi Jambi terdiri dari Kabupaten Sarolangun 117 orang, Merangin 117 orang, Bungo 94 orang, Tebo 101 orang.

“Semestinya jemaah kita yang berangkat ini 450, tapi karena ada 2 orang yang tertunda kurang sehat jadi kami 448,” kata Herman.

BACA JUGA :  Capaian Penerimaan Pajak Tahun 2022 Sudah 78%, DJP Kepri Peringkat 7 Nasional

Herman menyampaikan 2 JCH yang batal berangkat merupakan pasangan suami istri yang berasal dari Provinsi Riau. “Yang sakit itu istrinya, jadi suami juga tidak ikut berangkat. Mereka jemaah haji dari Riau.” ujarnya.

Dalam keberangkatan ini, usia jemaah yang tertua 64 tahun dan yang termuda 21 tahun.

Selain itu, Herman menyampaikan untuk menghadapi kondisi cuaca panas di Tanah Suci yang mencapai 48 derajat, seluruh calon haji kloter 12 diimbau untuk minum air mineral setiap satu jam sekali dan sering membasahi kepala menggunakan semprotan yang telah di siapkan.

“Untuk jemaah memang sudah kita sudah sampaikan di setiap pertemuan manasik haji pertama, mengingatkan cuaca itu panas jadi untuk mengantisipasi ini harus minum satu jam sekali, kemudian kita basahi kepala dengan semprotan yang disiapkan petugas dan ada yang beli sendiri,” ujar dia.

BACA JUGA :  4.608 Tenaga Kesehatan di Kepri Sudah Vaksin Booster Kedua

Untuk para calon haji, Herman menyampaikan agar jemaah selalu mematuhi aturan yang telah di tetapkan oleh Pemerintah Arab Saudi, serta mematuhi aturan yang dibuat oleh petugas kesehatan agar pelaksanaan ibadah haji di Tanah Suci berjalan lancar.

“Kami berharap jemaah untuk mematuhi aturan yang dibuat oleh Pemerintah Arab Saudi, dan juga mematuhi yang dibuat oleh petugas kesehatan. Mudah-mudahan semua sehat, aman, lancar, dan dipermudah oleh Allah, dan jadi haji yang mabrur,” kata Herman.

Kloter 12 ini merupakan keberangkatan terakhir dari Embarkasi Batam. Berdasarkan jadwal pemulangan, Kloter 12 akan kembali  ke tanah air pada tanggal 8 Agustus 2022.

(*)

Gowest.id

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Sebaran

Facebook

id
enid

id
enid