Hubungi kami di

Ini Batam

Masjid Raya Batam Bakal Bernuansa Melayu

iqbal fadillah

Terbit

|

Pemerintah Kota Batam akan menata ulang Masjid Raya Batam. Masjid yang berlokasi di tengah kawasan perkantoran pemerintah di Batam Centre ini akan dihias dengan ornamen melayu.

“Kita mau ketika orang datang ke Batam, lihat masjid ini, tahu kalau Batam itu daerah melayu. Jadi objek wisata religi juga,” kata Walikota Batam, Muhammad Rudi di Belakangpadang, beberapa waktu lalu.

Masjid Raya ini juga rencananya diganti nama menjadi masjid agung. Karena sesuai Surat Edaran Menteri Agama, masjid untuk daerah tingkat dua atau kabupaten/kota diberi nama masjid agung. Sedangkan masjid raya untuk daerah tingkat satu atau provinsi.

“Dalam waktu dekat akan kita resmikan dan ganti nama jadi masjid agung, atas restu DPRD juga. Dan kita harap 2020 sudah selesai kita pugar. Sehingga ada tiga masjid besar, Masjid Agung Sultan Mahmud Riayat Syah, Masjid Agung Batam Centre, dan Masjid Baiturrahman. Semoga jadi kebanggaan kita semua,” kata Rudi.

Masjid Raya Batam Centre dan Masjid Baiturrahman di Kecamatan Sekupang saat ini tercatat sebagai aset Badan Pengusahaan (BP) Batam. Namun dalam proses serah terima ke Pemko Batam. Terakhir, April lalu, tim kepresidenan sudah turun untuk melihat aset yang akan diserahterimakan tersebut. Karena sesuai aturan, aset bernilai di atas Rp 10 miliar pengalihannya harus atas izin Presiden. Sebelumnya dikatakan bahwa pemugaran dua masjid ini akan dilakukan setelah proses serah terima selesai.

BACA JUGA :  Upacara Bendera Peringatan Detik-Detik Proklamasi BP Batam

Sedangkan Masjid Agung Sultan Mahmud Riayat Syah yang berlokasi di Tanjunguncang sedang dalam tahap pembangunan. Targetnya masjid rampung pada 2019 mendatang. Desain masjid ini mengadopsi beberapa model, campuran nuansa melayu, Arab, dan Turki.

Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kota Batam, Suhar mengatakan desain untuk Masjid Raya Batam Centre sedang dipersiapkan. Pemugaran nantinya tidak akan mengubah bentuk asli masjid yang ada sekarang.*

“Ornamen melayunya nanti di bagian luar, bangunan tambahan, pagar. Desainnya sedang kita buat,” kata dia.

 

Sumber : Media Center Batam

 

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook