Hubungi kami di

Pilihan gowest.id

Misi Untuk Kelestarian Lingkungan, Bandung Gelar Gebyar Budaya Kreatif dan Festival Reak 2016

Zilfia Sarah

Terbit

|

PEMERINTAH kota Bandung menggelar ajang Gebyar Budaya Kreatif. Kegiatan berlangsung hingga minggu (11/9) ini.

Kegiatan ini digelar bersama komunitas seni budaya dan lingkungan di Bandung. Tujuannya sebagai upaya pelestarian dan pemanfaatan seni budaya serta penyelamatan dan pelestarian lingkungan. Acara digelar di Eks Taman Makam Pahlawan Cipadung (Lapang Legit), Kamp. Legit, Kel. Cipadung, Kec. Cibiru.

Perhelatan Gebyar Budaya Kreatif yang dikenal dengan tradisi Festival Reak dan Festival benjangnya. Tahun ini menampilkan sejumlah potensi seni tradisi di wilayah Kecamatan Cibiru. Selain menampilkan 10 grup kesenian reak, juga kesenian singa depok, kuda renggong, reog, tarawangsa dan lainnya.

“Meski dalam kondisi serba terbatas, kita mencoba mengakomodir semua pelaku seni budaya yang ada di Kecamatan Cibiru. Selama ini masyarakat hanya mengenal kesenian reak dan benjang saja, ternyata setelah kita undang, banyak kesenian dari daerah lain yang juga berkembang di wilayah Cibiru dan kita mencoba mewadahinya melalui kegiatan Gebyar Budaya Kreatif kali ini,” ujar Wawan Setiawan pupuhu Dapur Seni Budaya Cibiru, dilansir dari pikiran rakyat.

Bertempat di Lapangan Cicabe, Jalan Cicabe, Kel. Jatihandap Kec. Mandalajati, Disbudpar Kota Bandung bekerjasama dengan Citra Dangiang Seni Foundation, sejak pagi hingga malam, menggelar Jatihandap Art Festival. Selain mempertunjukan berbagai atraksi kesenian tradisional yang didukung Ceu Edoh (Preman Pensiun) Zaenal Jurnal, dan Balad Si Cepot, juga diadakan makan surabi Bandung terbanyak untuk memecahkan rekor Amazing Women Rekor Indonesia.

BACA JUGA :  Sandal Anti Pemerkosaan Buatan Pemuda India

Sementara di Kampung Ranca Bayawak atau lebih dikenal dengan Kampung Blekok, Kel. Cisaranten Kidul, Kec. Gedebage, bersama dengan Pertamina masyarakat RW 02 Kampung Blekok menggelar Budaya Kampung Kreatif Blekok. Kegiatan selain diisi dengan pegelaran seni budaya yang diantaranya memperkenalkan Tarian Blekok yang akan menjadi ikon tarian Kampung Blekok, juga pencanangan Kampung Kreatif Blekok yang ditandai dengan pemasangan pondasi Pendopo Kampung Blekok, penanaman pohon dan pembuatan jalan baru.

Selain itu, pegelaran seni budaya dalam rangkaian Kemerdekaan Indonesia ke 71 juga diselenggarakan sejumlah komunitas dan pelaku seni udaya didaerah lainnya. Seperti di Cigending, Kec. Ujungberung, Pasirimpun Kec. Mandalajati, Panghegar, Kec. Panyileukan dan lainnya. ***

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook