Hubungi kami di

Uang

Pengusaha Surabaya Berminat Kelola Rumput Laut di Kepri

Terbit

|

Gubernur Kepri, Ansar Ahmad, bersama Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kepri, Tengku Said Arif Fadillah, dan pejabat lainnya panen rumput laut di Pulau Jaga, Kecamatan Moro, Kabupaten Karimun, Selasa (7/9/2021). F. Dok. Humas Pemprov Kepri

PENGUSAHA asal Surabaya, Jawa Timur, akan berinvestasi di sektor industri pengelolaan rumput laut di wilayah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). Untuk itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri menyiapkan lahan seluas 32.000 hektare di pasisir Kabupaten Lingga dan Pulau Moro, Kabupaten Karimun.

Menurut Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kepri, Tengku Said Arif Fadillah, sejumlah perusahaan asal Surabaya yang tertarik mengelola rumput laut di Lingga dan Karimun tersebut dikoordinir oleh Michael Gautama.

Arif menyebutkan perusahaan tersebut tidak menjual rumput laut kering, melainkan juga diolah menjadi obat-obatan, kosmetik, dan makanan sehingga lebih bernilai.

BACA JUGA :  Bappelitbang Bahas Grand Design Pembangunan Kependudukan Kota Tanjungpinang

“Selama ini, kelompok nelayan menjual rumput laut mentah kepada perusahaan tertentu, kemudian baru diekspor ke berbagai negara, seperti Hong Kong,” katanya.

Arif mengemukakan rumput laut merupakan salah satu usaha yang digeluti sejumlah kelompok nelayan di Lingga, Karimun, dan Batam. Rumput laut panen setiap 41 hari.

Rumput laut kering dijual kepada perusahaan yang mengumpulkan komoditas itu dari kelompok nelayan. Setiap dua pekan sekali, perusahaan itu mampu mengumpulkan 5 ton rumput laut.

Sebelumnya, menurut dia, pemerintah pusat telah menargetkan pengembangan rumput laut di Lingga dan Karimun, kemudian dilanjutkan ke Batam.

BACA JUGA :  92,54 Persen Warga Batam Sudah Dilindungi JKN-KIS

“Pertama, kami ingin tingkatkan produktivitas rumput laut. Kedua, kami sejak awal menargetkan ada industri pengelolaan rumput laut menjadi berbagai produk,” katanya.

Arif mengatakan investasi rumput laut di Lingga dan Karimun mendapat dukungan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi serta Kementerian Kelautan dan Perikanan yang rutin memberikan pendampingan.

“Selasa pekan depan, Gubernur Kepri Ansar Ahmad menandatangani nota kesepakatan dengan investor di Surabaya,” ujarnya.

(*)

Sumber: Antara

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Sebaran

Facebook

id
enid

id
enid