Hubungi kami di

Dunia

Penjara Pintar di Hongkong

Mike Wibisono

Terbit

|

Foto : indiatimes.com

PENJARA di Hong Kong bakal menerapkan teknologi canggih guna memastikan keamanan lingkungan. Adapun teknologi baru yang sedang diujikan pengelola penjara itu memungkinkan petugas untuk melacak tahanan.

Komisioner penjara Danny Woo Ying-Min mengklaim bahwa teknologi tersebut mampu memonitor semua perilaku tidak biasa di sel, mencegah narapidana melukai diri sendiri, dan memastikan penjara beroperasi lebih efisien.

Dilansir Engadget, lewat program bernama Penjara Pintar, para tahanan nantinya diwajibkan mengenakan gelang serupa pemantau kebugaran. Fungsinya untuk memonitor lokasi dan kegiatan, termasuk detak jantung para narapidana.{

Beberapa penjara bahkan akan menggunakan sistem kamera pengawas yang bisa mendeteksi kebiasaan aneh, perkelahian antartahanan, dan upaya narapidana untuk melukai diri sendiri.

BACA JUGA :  Demo Dukung Trump Berujung Ricuh

Penjara di Hong Kong juga menguji robot yang akan digunakan untuk mencari narkoba di kotoran para narapidana. Robot-robot berharga USD 125 ribu itu ada untuk meningkatkan efisiensi penjara dan membantu kinerja para sipir.

Meski program tersebut ditujukan untuk memastikan keamanan para tahanan, berbagai pihak tetap melancarkan pernyataan kecaman. Menurut mereka, program Penjara Pintar dengan berbagai inovasi melanggar privasi dan hak para narapidana.

Mereka menyoroti rencana kebijakan memasang video pengawas di kamar mandi sel. Termasuk keberadaan gelang pelacak, yang akan membuat narapidana merasa terus diawasi oleh penjaga, bahkan saat sedang tidak berhadapan.

(*)

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook