BADAN Usaha Pelabuhan BP Batam mencatat perkembangan yang arus penumpang domestik selama Triwulan I 2025. Dari data operasional yang dirilis, jumlah penumpang yang menggunakan Terminal Penumpang Domestik BP Batam, termasuk Terminal Ferry Domestik Sekupang, Telaga Punggur, Harbour Bay, dan Pelni, mencapai 981.320 orang.
Angka ini menunjukkan kenaikan sebesar 9% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, yang tercatat sebanyak 896.955 penumpang.
Deputi Bidang Pengelolaan Bandara, Pelabuhan, dan Lalu Lintas Barang, Ruslan Aspan, mengungkapkan bahwa peningkatan ini menunjukkan kepercayaan masyarakat terhadap layanan transportasi laut domestik yang dikelola oleh BP Batam.
“Pertumbuhan penumpang ini mencerminkan keberhasilan kami dalam meningkatkan kualitas pelayanan, infrastruktur, dan digitalisasi pemesanan tiket secara online,” ujarnya dalam keterangan resmi.
“Langkah ini sejalan dengan komitmen kami untuk menyediakan layanan yang efisien, aman, dan andal demi mendukung konektivitas antarwilayah di Batam dan sekitarnya,” lanjutnya.
Di sisi lain, Ruslan juga menjelaskan bahwa Terminal RORO Telaga Punggur tidak termasuk dalam wilayah kerja BP Batam.
“Kami hanya mengelola terminal penumpang domestik seperti Telaga Punggur, Sekupang, dan Harbour Bay. Terminal RORO Telaga Punggur dikelola oleh PT ASDP Indonesia Ferry (Persero),” katanya, menanggapi pertanyaan masyarakat mengenai pengelolaan terminal tersebut.
(sus)