Hubungi kami di

Politika

Perangkat Komputer Terbatas, Tes Tulis Calon Anggota PPK di Natuna & Anambas Terpaksa Manual

Terbit

|

Anggota KPU Provinsi Kepri, Parlindungan Sihombing. F. Twitter @KPUKepri

UJIAN tes tertulis calon anggota panitia pemilihan kecamatan (PPK) untuk Pemilu 2024 di Kabupaten Natuna dan Kepulauan Anambas terpaksa dilakukan secara manual karena keterbatasan perangkat komputer.

Hal itu disampaikan Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Parlindungan Sihombing, di Tanjungpinang, Kamis (1/12/2022).

“Kami sudah mengupayakan agar dilaksanakan tes tertulis berbasis komputer, tetapi perangkat itu tidak tersedia di Anambas dan Natuna,” kata Parlindungan.

Ia mengemukakan lima kabupaten dan kota lainnya yakni Lingga, Bintan, Karimun, Tanjungpinang, dan Batam melaksanakan tes tertulis berbasis komputer di sejumlah lembaga pemerintahan yang telah ditetapkan KPU kabupaten dan kota.

“Kami bekerja sama dengan berbagai pihak yang memiliki komputer untuk pelaksanaan tes tertulis calon anggota PPK,” ujarnya.

BACA JUGA :  Asnah Mundur Dari Partai Demokrat Kepri | Soal Komitmen Atau Nepotisme?

Hal senada dikatakan anggota KPU Kepri, Arison. Ia menjelaskan bahwa ujian tertulis calon anggota PPK di Kepri untuk Pemilu 2024 dibagi menjadi dua bagian. Pertama, pelaksanaan ujian tertulis calon anggota PPK di Natuna, Lingga, Bintan, Karimun, Batam, dan Tanjungpinang dilaksanakan secara serentak pada 6 atau 7 Desember 2022.

Sedangkan pelaksanaan ujian tertulis untuk calon anggota PPK di Anambas tanggal 8 atau 9 Desember 2022. Pelaksanaan tes tertulis di Anambas tidak sama dengan kabupaten dan kota lainnya di Kepri lantaran jumlah peserta calon anggota PPK di salah satu kecamatan tidak memenuhi persyaratan sesuai peraturan yang berlaku.

BACA JUGA :  SMK Negeri 2 Batam Jadi Pusat Belajar Guru Pariwisata se-Indonesia

“Kami perpanjang masa pendaftaran calon anggota PPK di Kecamatan Jemaja Barat sampai 4 Desember 2022,” ujarnya.

Arison mengungkapkan jumlah peserta calon anggota PPK di Kepri sebanyak 2.346 orang, terdiri dari laki-laki 1.552 orang dan perempuan 794 orang. “Kepri memiliki 78 kecamatan,” katanya.

Sementara itu, Anggota Bawaslu Kepri, Maryamah, mengatakan jajaran Bawaslu Kepri mengawasi seluruh tahapan perekrutan PPK. Sejauh ini, KPU kabupaten dan kota melaksanakan proses rekrutmen sesuai peraturan yang berlaku.

“Kami akan mengingatkan KPU kabupaten dan kota seandainya ditemukan dugaan pelanggaran administratif. Itu upaya pencegahan agar proses rekrutmen PPK terlaksana secara maksimal,” kata mantan anggota Bawaslu Tanjungpinang itu.

(*)

Sumber: Antara

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Sebaran

Facebook

id
enid

id
enid