Hubungi kami di

Natuna

PMI-BPBD Natuna Jalin Kerja Sama dalam Penanggulangan Bencana

Terbit

|

Penandatanganan perjanjian kerja sama antara PMI dan BPBD Natuna di Ranai, Natuna, Kepri, Selasa (29/11/2022). F. PMI Natuna

UPAYA mengantisipasi dan penanggulangan bencana, Palang Merah Indonesia (PMI) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Natuna, menjalin kerja sama yang ditandai dengan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) pada Selasa, 29 November 2022 di Kantor BPBD Natuna.

Penandatangan kerja sama tersebut dilakukan langsung oleh Raja Darmika selaku Kepala Pelaksana BPBD dan Suhelmi selaku Ketua PMI Natuna.

“Pada Selasa, 29 November 2022 di Kantor BPBD Natuna, telah dilaksanakan penandatangan MoU antara BPBD Natuna dan PMI Natuna di bidang penanggulangan bencana,” kata Suhelmi, Kamis (1/12/2022).

BACA JUGA :  Sekdaprov Kepri: Honorer Tak Perlu Khawatir, Pemprov Belum Pikirkan Jalankan SE KemenPAN-RB

Ia menjelaskan kedua belah pihak telah bersepakat untuk saling bekerja sama dan sama-sama berkomitmen dalam penanggulangan bencana. “Ke depan kolaborasi dan sinergitas diharapkan bisa saling mengisi dan melengkapi,” katanya.

Ia juga mengatakan sejatinya antara PMI dan BPBD memiliki tupoksi yang sama, yakni mencegah dan meminimalisasi potensi bencana serta menangani dampak bencana.

“Selain itu, peningkatan kapasitas dan mitigasi struktural maupun nonstruktural,” ujarnya.

Ia juga berharap, dengan adanya komitmen bersama tersebut, segala sesuatu yang mungkin terjadi dapat diantisipasi dan kejadian dapat ditanggulangi bersama.

BACA JUGA :  Pemko Batam Buka Layanan Vaksin Covid-19 di Seluruh Pelabuhan

“Serta pemulihan kondisi fisik serta psikologi masyarakat yang berdampak dapat kita selesaikan secara bersama dan berkelanjutan,” katanya.

Di Natuna, menurutnya, ada beberapa potensi kerawanan bencana alam, di antaranya banjir, tanah longsor, dan angin kencang.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Natuna Raja Darmika menyambut baik hal tersebut karena penanganan bencana menjadi tanggung jawab semua pihak.

“Bencana urusan kita bersama,” ujarnya.

(*)

Sumber: Antara

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Sebaran

Facebook

id
enid

id
enid