Hubungi kami di

Dunia

Perayaan Deepavali : Kereta dan Stasiun di Singapura Berhias Sentuhan India

Mike Wibisono

Terbit

|

KERETA dan stasiun dengan hiasan khas India ini bukan berada di negara India. Tapi di Singapura, tetangga kita.

Selama pekan ini, Singapura meluncurkan kereta bertema Deepavali atau Diwali dan merupakan bagian dari kebijakan otoritas transportasi darat Kementerian Transportasi Pemerintah Singapura sehubungan perayaan hari raya Deepavali bagi warga keturunan India di negara tetangga kita itu.

Foto Facebook : Land Transport Authority Singapura

Foto : Facebook : Land Transport Authority Singapura

Dinding-dinding dari kereta dihiasi dengan gambar-gambar indah diya (lampu minyak) dan karangan bunga. Ada juga gambar lotus, merak dan pernak pernik yang berhubungan erat dengan tradisi India.

Perayaan Deepavali memang terfokus pada lampu dan cahaya. Terutama pada lampu “diya” tradisional. Kembang api biasanya juga turut dipergunakan dalam festival ini di beberapa bagian negara. Deepavali dirayakan selama lima hari berturut-turut dalam kalendar Hindu di bulan “Ashwayuja”.

Foto Facebook : Land Transport Authority Singapura

Foto : Facebook : Land Transport Authority Singapura

Singapura sendiri memiliki populasi India yang cukup besar. Yang dominan misalnya di lokasi “Little India” dan stasiun keretanya tempat kereta bertema Deepavali ini diluncurkan.

BACA JUGA :  Trump Minta TikTok Hancurkan Data Pengguna AS dalam 90 Hari

“Kami telah meluncurkan kereta MRT bertema Deepavali (nama lain untuk Diwali) yang pertama  hari ini. Anda dapat mengalami bagian dari dekorasi yang menakjubkan di Little India tepat di dalam MRT ini. Untuk tahun ini, kami sengaja menghiasi kereta (MRT) dengan dekorasi bertema Deepavali untuk ikut memeriahkan perayaannya,” kata Pengelola Otoritas transportasi Darat Singapura dan diposting di Facebook.

Foto Facebook : Land Transport Authority Singapura

Foto : Facebook : Land Transport Authority Singapura

Kereta berhias tema Deepavali ini akan melayani rute Jalur Timur Utara (NEL) yang mencakup stasiun Little India.

Perayaan Deepavali atau Diwali di beberapa negara memang berlangsung meriah. Selain di Singapura, pekan lalu sekitar 30.000 orang berkumpul di Leicester Inggris untuk merayakan hari raya Deepavali. ***

Penulis/ Penerjemah : Yura

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook