Hubungi kami di

Jalan-Jalan Plesir

Pulau Weh, Surga Tersembunyi di Ujung Indonesia

iqbal fadillah

Terbit

|

PULAU Weh adalah salah satu pulau yang terletak di Provinsi Aceh yang menjadi salah satu obyek wisata dari daerah Aceh.

Pulau Weh menjadi salah satu surga destinasi wisata untuk penggemar dan penyuka dunia selam dan berselancar, karena selain menghadirkan pemandangan yang menajubkan Pulau Weh juga memiliki pantai yang berkarateristik sangat cocok untuk kedua kegiatan tersebut.

Menurut para penduduk, Pulau Weh berasal dari kata dalam bahasa aceh :

”weh” yang artinya pindah, menurut sejarah yang beredar Pulau Weh pada mulanya merupakan satu kesatuan dengan Pulau Sumatra, yakni penyatuan daratan sabang dengan daratan Ulee Lheue. Ulee Lheue di Banda Aceh berasal dari kata Ulee Lheueh (“Lheueh” ; yang terlepas). Syahdan, bahwa Gunung berapi meletus lah yang menyebabkan kawasan ini terpisah. Seperti halnya Pulau Jawa dan Sumatera dulu, yang terpisah akibat Krakatau meletus.

Foto : © triptrus.com

Foto : © triptrus.com

Pulau ini adalah titik paling barat tanah air kita, atau yang kerap disebut Sabang. Pulau yang sangat kecil ini memiliki tiga pantai yang luar biasa indahnya: Anoi Itam, Gapang, dan Iboih.

Pesona dari tempat atau objek wisata Pulau Weh yang bisa kamu temukan seperti disarikan dari laman KABAR INDONESIA  adalah berupa Lokasi yang strategis untuk menyelam atau diving yang berada di Pulau Weh, seperti Taman Laut yang berada tak jauh dari Pulau Rubiah.

BACA JUGA :  Liburan di Kubah Warna-Warni Teluk Persia

Di taman Laut tersebut, kamu bisa menemui berbagai satwa laut yang mempesona antara lain hiu, paus, lumba-lumba, penyu, dan pari manta.
Panorama dari bawah laut di Pulau Rubiah bisa disejajarkan dengan pesona bawah laut dari raja Ampat.

Alternatif lain untuk snorkeling dan diving bisa dilakukan di Pantai Gapang. Pemandangan bawah lautnya tidak kalah cantik dengan Pulau Rubiah. Selain itu, tersedia juga sarana untuk memancing di laut. Peralatan dan penginapan banyak tersedia di penyedia jasa persewaan.

Foto : iberita.com

Foto : iberita.com

Lain halnya dengan Pantai Sumur Tiga. Paduan pasir putih dan gradasi laut biru kehijauannya sungguh menakjubkan. Pantai ini juga menawarkan keindahan bahari dengan alam yang masih alami. Jika biasanya ke pantai untuk melihat matahari terbenam, di Pantai Sumur Tiga adalah spot yang cocok untuk menyaksikan matahari terbit.

Yang unik, di sini terdapat tiga buah sumur di dekat pantai. Yang merupakan asal-usul dari nama pantainya sendiri. Sumur tersebut memiliki rasa air tawar. ***

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook