Hubungi kami di

Histori

Rahasia Hidup Panjang Warga Acciaroli

Mike Wibisono

Terbit

|

INI tentang kisah warga di sebuah tempat di Italia. Acciaroli yang terletak di Italia bagian selatan barat bukan tempat biasa. Satu dari 10 orang di sana berumur lebih dari 100 tahun.

Para peneliti mencoba mengetahui bagaimana fenomena ini bisa terjadi. Hingga akhirnya mereka menemukan orang-orang berumur panjang itu memiliki sistem sirkulasi darah yang menakjubkan.

Dilansir dari Independent, Kamis (8/9), sirkulasi darah mereka mirip sirkulasi orang berumur 20-30-an. Kadar adrenomedullin dalam pembuluh darah mereka sangat rendah.

Para peneliti dari Sapineza University Roma dan Sandiego School of Medicine menghabiskan waktu enam bulan di wilyah tersebut. Mereka memeriksa 80 orang berumur panjang, terutama kondisi fisik mereka.

Kadar adrenomedullin yang tinggi berisiko membuat pembuluh darah tegang hingga bisa menimbulkan sejumlah penyakit. Hal ini umum terjadi di negara-negara maju seperti AS.

Peneliti menemukan kadar rendah adromedullin membuat sirkulasi darah jadi lebih lancar. Kadar rendah membantu pengembangan mikrosirkulasi lebih optimal.

Para peneliti masih belum menemukan penyebab pasti kondisi seperti ini. Namun diduga pola makanan sehat menjadi salah satu penyebab. Sebagian besar penduduk makan dari hasil ternaknya sendiri.

Mereka makan ikan hasil tangkapan, kelinci dan ayam hasil ternak sendiri. Mereka juga makan sayur dan buah yang ditanam sendiri. Mereka beraktivitas secara aktif dan memiliki pola hubungan seksual yang rutin.

Mereka juga rutin mengonsumsi rosemary yang disebut-sebut berkhasiat meningkatkan kinerja otak. Herbal-herbal yang ada di daerah tersebut juga ditemukan berkhasiat untuk hidup lebih lama.

Sebagian besar penduduk di sini juga tidak memiliki penyakit kronis. Mereka tidak menderita katarak sama sekali. Padahal orang-orang berusia di atas 80 tahun di negara Barat biasanya menderita katarak. Selain itu, peneliti hampir tidak menemukan penduduk yang punya penyakit jantung atau alzheimer.

Acciaroli memiliki populasi 700 orang. ***

 

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook