Hubungi kami di

Bintan

Satu Orang Yang Diduga Pembakar Hutan Ditangkap

ilham kurnia

Terbit

|

Polisi Tangkap Pelaku Pembakar Lahan di Bintan. Foto : © bentan.co.id

PETUGAS Satreskrim Polres Bintan menangkap tersangka pelaku pembakaran lahan di Kampung Limau Manis, Desa Kuala Sempang, Kecamatan Seri Kuala Lobam, Bintan.

Ia diduga sengaja membuka lahan dengan cara dibakar hingga menghanguskan lahan seluas 10 hektare.

Tersangka pelaku pembakar hutan diketahui bernama Suradi alias Ati (56). Pria paruh baya itu diduga membakar lahan milik untuk ditanami pisang dan nanas. Namun api cepat membesar hingga merembet hingga membakar kabel listrik sepanjang 150 meter. Akibat ulah pelaku, arus listrik sempat terputus di Desa tersebut sempat terputus.

Kapolres Bintan AKBP Bambang Sugihartono mengatakan tersangka pelaku ditangkap beserta barang bukti berupa, sepatu boot, ember, sisa kayu yang terbakar dan kabel listrik.

BACA JUGA :  PDAM Tirta Kepri Diminta Belajar Dari ATB Batam

“Pelaku dikenakan pasal 108 jo pasal 69 ayat 1 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup dengan ancaman pidana 10 tahun penjara dan denda Rp 10 milliar,” ujarnya.

Kepolisian mengimbau warga agar tidak membuka lahan dengan cara dibakar. Selain karena merusak lingkungan, asap dari kebakaran hutan dan lahan dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti infeksi saluran pernafasan akut (ISPA).

“Saya himbau warga tidak membuang puntung rokok sembarangan, karena suhu panas dan cuaca bisa cepat membuat api tersambar,” tuturnya.

(*)

Sumber : bentan.co.id 

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook