Hubungi kami di

Pilihan gowest.id

Setelah 28 Tahun, Pink Floyd Rilis Lagu Baru untuk Ukraina

Terbit

|

Grup band rock era 1970, Pink Floyd. F. Dok. Minews.id

SETELAH 28 tahun, band rock era 1970, Pink Floyd kembali merilis lagu terbaru mereka bertajuk Hey Hey Rise Up, Kamis, (8/4/2022).

Berbeda dengan lagu-lagu sebelumnya, keuntungan lagu ini mereka dedikasikan untuk warga Ukraina yang terdampak invasi Rusia.

Lagu berjudul Hey Hey Rise Up ini merupakan inisiasi dari gitaris Pink Floyd, David Gilmour. Adapun inspirasinya datang dari frontman band BoomBox asal Ukraina, Andriy Khlyvnyuk.

Saat itu, Gilmour membagikan video lewat Instagram yang memperlihatkan Khlyvnyuk menjadi salah satu pasukan perang untuk Ukraina. Berjaga di pos St. Sofia Cathedral di ibu kota Kyiv, Khlyvnyuk menyanyikan lagu patriotik Ukraina Oh, the Red Viburnum in the Meadow dengan lantang.

BACA JUGA :  Monumen Holocaust di Ukraina Hancur Dihantam Rudal Rusia

Gilmour terpukau dengan momen magis tersebut. Ia lalu memutuskan untuk berbuat sesuatu dan merilis lagu yang melibatkan cuplikan vokal dari Khlyvnyuk.

“Saya pikir ini begitu ajaib. Saya juga bisa melakukan sesuatu dengan ini,” ungkapnya, dilansir dari The Guardian yang rilis pada Kamis (7/4).

“Saya memiliki wadah yang besar melalui Pink Floyd yang sudah bekerja seperti ini selama bertahun-tahun,” ungkapnya pada The Guardian pada Kamis (7/4).

“Sangat sulit dan membuat frustrasi melihat serangan yang tidak adil kepada sebuah negara yang merdeka, damai, dan demokratis,” tegas Gilmour melanjutkan.

BACA JUGA :  41 Orang Tewas Akibat Serangan Israel di Jalur Gaza, Termasuk Anak-anak

Ini bukan pertama kalinya Gilmour bersanding dengan Khlyvnyuk dan BoomBox. Pada 2015, Gilmour berbagi panggung bersama BoomBox di London untuk membantu Belarus Free Theatre. Saat itu mereka memainkan lagu-lagu Pink Floyd dan David Gilmour.

Kini, takdir mempertemukan keduanya kembali melalui Hey, Hey Rise Up! yang menjadi single pertama bagi Pink Floyd sejak 28 tahun.

Telah rilis per Kamis (7/4), seluruh keuntungan dari hasil putar Hey Hey, Rise Up! akan ditujukan untuk membantu korban dan dampak perang di Ukraina.

(*)

sumber: CNN Indonesia.com

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Sebaran

Facebook

id
enid

id
enid