Hubungi kami di

Berita

Subsidi Elpiji Langsung Segera Diterapkan

iqbal fadillah

Terbit

|

PEMERINTAH segera menerapkan subsidi langsung elpiji kepada masyarakat kurang mampu agar penyaluran bantuan itu dapat langsung dan tepat sasaran.

“Yang mendapat subsidi adalah benar-benar keluarga yang berhak mendapat subsidi, jadi keluarga miskin dan keluarga rentan miskin. Subsidi dikasih langsung ke masing-masing kepala keluarga,” kata Dirjen Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral IGN Wiratmadja di Batam, Kepulauan Riau, dikutip dari Antara, Kamis (12/01) kemarin.

Nantinya, bila program itu berjalan maka elpiji 3 kg hanya dapat dimiliki warga miskin dan rentan miskin. Sedangkan keluarga kaya diarahkan untuk mengkonsumsi elpiji 5 kg dan 12 kg yang tidak bersubsidi.

Setiap warga miskin dan rentan miskin mendapatkan jatah tiga tabung elpiji 3 kg setiap bulan. Sedangkan usaha mikro diperbolehkan membeli 9 tabung 3 kg setiap bulan.

Kementerian Sosial bersama Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan tengah mendata warga miskin yang berhak menerima subsidi elpiji.

Setelah itu, Kementerian Sosial, Kementerian ESDM dan Pertamina akan memverifikasi data itu kembali untuk penerbitan semacam Kartu Bansos yang digunakan warga setiap membeli elpiji bersubsidi.

“Sekarang penjualannya bebas, nanti yang beli harus pakai kartu itu. Bulan April kartu mulai dibagikan,” kata dia.

Ia mengatakan program itu akan diterapkan secara bertahap. Sebagai permulaan, dijalankan di pulau-pulau relatif kecil.

“Dalam diskusi, akan mulai di beberapa pulau, ada kriterianya. Kalau pulaunya terlalu besar, berat. Pulau tertutup, agar tidak bocor,” kata Wiratmadja.

Saat ditanya apakah Batam menjadi pulau pertama penerapan subsidi langsung elpiji, ia enggan memastikan.

“Kriterianya cocok,” katanya.

Karena selain pulau kecil tertutup, kriteria lain untuk penerapan program itu adalah ketersediaan sinyal, mengingat kartu itu menggunakan sistem elektronika.

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook