Hubungi kami di

SPORT

Tekuk Porto, Juventus Tetap Gigit Jari

ilham kurnia

Terbit

|

Pemain Juventus Cristiano Ronaldo berusaha melewati pemain FC Porto pada pertandingan 16 besar Liga Champions leg kedua di Allianz Stadium, Turin, Italia. Foto: © REUTERS

JUVENTUS menekuk Porto di laga leg kedua 16 besar Liga Champions 2020/21. Skor akhir laga Rabu (10/3) dini hari WIB itu adalah 3-2. Gol-gol dicetak oleh Sergio Oliveira (brace), Federico Chiesa (brace), Adrien Rabiot.

Hasil laga di Allianz Stadium, Turin, ini membikin Porto lolos ke perempat final Liga Champions musim ini karena agregat akhir adalah 4-4 (Porto unggul gol agresivitas tandang). Sementara itu, Juventus tersingkir.

Starting XI Juventus vs Porto

Juventus XI: Szczesny, Cuadrado, Bonucci, Demiral, Sandro, Chiesa, Arthur, Rabiot, Ramsey, Morata, Ronaldo.

Porto XI: Marchesin, Manafa, Mbemba, Pepe, Zaidu, Oliveira, Uribe, Otavio, Tecatito, Taremi, Marega.

Jalannya Laga Juventus vs Porto

Juventus yang tertinggal agregat 2-1 tampil menyerang sejak awal laga. Peluang emas didapat di menit 3, ketika Alvaro Morata menyambut bola hasil crossing Juan Cuadrado dengan kepalanya, tetapi bola masih bisa ditepis kiper Porto, Agustin Marchesin.

Tiga menit berselang, giliran Porto punya peluang. Mehdi Taremi membuat dua peluang beruntun.

Pertama, tembakan jarak dekat usai menyambut umpan silang datar, tetapi gagal menjadi gol karena bola bisa dimentahkan Szczesny. Kedua, sundulan kepalanya yang menyambar bola liar hasil tepisan Szczesny membentur mistar atas.

Petaka bagi Juventus terjadi di menit 17. Merih Demiral melanggar Taremi di kotak penalti, wasit menunjuk titik putih. Sergio Oliveira selaku algojo sukses menunaikan tugas, Porto unggul 1-0 sejak menit 19.

Pada menit 24, lewat skema serangan balik, Porto nyaris menggandakan keunggulan. Jesus Corona yang berdiri bebas menendang bola ke gawang Juventus, tetapi masih bisa diamankan si kiper Polandia.

Begitu juga dengan sepakan jarak jauh Otavio semenit berselang. Celah-celah pertahanan Juventus berhasil dimanfaatkan Porto untuk mencipta peluang.

Pada menit 27, Morata yang kembali menerima umpan crossing Cuadrado lagi-lagi mengancam gawang Porto. Namun, sepakan jarak dekatnya masih bisa diadang Marchesin.

Sepanjang babak pertama, Juventus melakukan build up serangan dari kaki ke kaki. Mereka lalu melebarkan bola ke sisi tepi ketika sampai di sepertiga akhir. Dari situ, para pemain Bianconeri melepas umpan silang lambung/datar atau menusuk ke kotak penalti.

BACA JUGA :  BP Batam Latih Tanding Bulutangkis Bersama Bank BJB Cabang Batam

Gol Juventus tak terjadi karena kokohnya pertahanan Porto. Di sisi lain, tim tamu mengandalkan bola-bola langsung. Skor 1-0 bertahan hingga jeda.

Juventus belum menyerah. Pada babak kedua, gol yang dinanti tercipta. Federico Chiesa mencetak gol di menit 49 usai menerima assist Cristiano Ronaldo. 1-1.

Juventus kian diuntungkan ketika Taremi diusir wasit usai menerima kartu kuning kedua di menit 54. 10 lawan 11. Setelahnya, Bianconeri kian beringas dan semakin pandai menemukan celah di pertahanan Porto.

Pada menit 63, Chiesa mencetak gol kedua. Meneruskan umpan lambung silang Cuadrado, ia menyundul bola dan bola menghujam gawang Porto. 2-1.

Pada menit 77, Morata memberi umpan lambung matang ke kotak penalti. Weston McKennie berhasil menyambut bola dengan kepala, tetapi sayang sundulannya masih lemah dan bisa diamankan.

Semenit berselang, giliran Ronaldo yang dimanjakan umpan lambung menyilang Cuadrado. Namun, akurasi bola sundulannya masih jauh dari sasaran.

Pada menit 82, serangan balik Juventus nyaris menambah gol. Lagi-lagi, Chiesa. Kali ini, ia mendribel bola hingga kotak penalti dan menendangnya, tetapi Marchesin masih bisa selamatkan gawang Porto.

Tiga menit berselang, Porto justru nyaris mencetak gol juga. Moussa Marega berhasil menemukan celah untuk menendang di kotak penalti, tetapi akurasinya masih melebar.

Morata mencetak gol di menit 90+1. Namun, gol dianulir karena eks pemain Real Madrid itu offside.

Dua menit berselang, Cuadrado punya peluang bagus ketika bola sepakannya membentur mistar atas Porto dan nyaris menjadi gol. Hingga peluit babak kedua ditiup, skor 2-1 tak berubah. Karena agregat 3-3, lanjut ke extra time.

Pada menit 98, Marega kembali dapat peluang emas. Menyambut bola umpan lambung dari sisi kiri serangan Porto, ia menyundul bola ke gawang. Sayangnya, bola masih tepat di pelukan kiper Juventus.

Pada menit 114, Porto mencetak gol lagi. Lewat tendangan bebas mendatar, Oliveira mencetak gol keduanya ke gawang Juventus. 2-2.

Secercah harapan bagi Juventus, Rabiot mencetak gol di menit 11. 3-2.

Skor tak berubah hingga bubar, Juventus tersingkir karena Porto unggul gol agresivitas tandang dalam agregat 4-4.

(*)

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook