Hubungi kami di

Dunia

Tempat-Tempat Aneh dan Terabaikan Versi “Atlas Obscura”

nien bagaskara

Terbit

|

“Dikutip dari laman The Independent, Sebuah buku baru berjudul Atlas Obscura memuat lebih dari 600 tujuan paling aneh dan tak biasa di seluruh dunia. Tempat-tempat ini aneh, misterius dan kerap terabaikan.”


ADA enam tempat paling aneh yang disarikan laman tersebut dan sekaligus disebut sebagai tempat menakjubkan di dunia versi Atlas Obscura. Berikut di antaranya: :

Jembatan rumput Peru, The Last Inca Grass Bridge

Foto : footagebaker.com

Foto : footagebaker.com

Suku Inca tak pernah menemukan roda, tak pernah tahu lengkungan dan tak pernah menemukan besi. Tapi mereka adalah master untuk urusan serat atau benang.

Mereka membangun kapal dari serat, baju besi dari serat dan bahkan senjata mereka yang terbesar selempangnya terbuat dari serat. Jadi saat mereka menghadapi masalah bagaimana melintasi ngarai curam di Andes, mereka pun membuat jembatan dari serat.

Lima abad lalu ada 200 jembatan gantung, tapi hari ini hanya ada satu jembatan rumput tersisa, Keshwa Chaca dengan rentang kendur 90 kaki atau sekitar 27,4 meter. Ia membentang di antara dua sisi jurang curam dekat Huinchiri.

Penduduk setempat mengatakan, jembatan ini telah ada selama setidaknya 500 tahun. Meski tampak rapuh, namun berdasarkan pengujian jembatan masih mampu menampung 56 orang yang tersebar merata di seluruh jembatan.

Tradisi tahunan memperbaiki Keshwa Chaca masih terus berlangsung hingga kini. Setiap Juni, ada tiga upacara rumit di mana setiap rumah tangga dari empat kota sekitarnya bertanggung jawab membawa kabel rumput sepanjang 90 kaki untuk dikepang.

Konstruksi berlangsung di bawah pengawasan penjaga jembatan atau chacacamayoc. Jembatan lama kemudian ditebang dan dibuang ke dalam sungai.

Jembatan ini melintasi Apurimac Canyon, lima jam selatan dari Cusco.

Gua Kristal di Naica, Chihuahua, Meksiko

Foto : lifeinthefastlane.com

Foto : lifeinthefastlane.com

Pada tahun 2000, pekerja tambang terbesar di Meksiko Naica menggali  terowongan sepanjang 1.000 kaki di bawah tanah. Tiba-tiba mereka menemukan sebuah gua luar biasa, yang kini dikenal sebagai Gua Kristal.

Tapi Gua Kristal sangat berbahaya bagi manusia. Suhu di lingkungan sekotar 51,6 derajat celcius. Sekitar 90 sampai 99 persen kelembapan menciptakan lingkungan yang membuat sesak di mana fungsi otak dapat memburuk dengan lebih cepat dan membuat napas menjadi sulit. Daratan yang tak rata, kristal kecil dengan ujung runcing membuat sulit untuk berjalan di dalamnya.

Para ilmuan dan peneliti menjelajahi gua sejak 2006. Mereka memakai respirator air dingin dan pakaian yang dilapisi dengan es. Bahkan dengan peralatan khusus ini, para penjelajah hanya bisa tinggal di gua selama 45 menit.

Tambang dan gua terletak di Terreros 7, Naica, dua jam perjalanan selatan Chihuahua City. Namun gua ini hanya bisa diakses oleh para peneliti.

Danau Mendidih di Dominika

Foto : embracedominica.com

Foto : embracedominica.com

Danau di Gunung Watt bukan tempat yang baik untuk menyegarkan diri. Minum atau mandi di danau ini bisa menyebabkan kematian dan luka bakar.

Gunung Watt merupakan sebuah stratovolcano yang mendidihkan danau. Suhu air di danau sekitar 90 derajat celsius.

Untuk mencapai danau ini pengunjung harus mendaki tiga jam dari jalan terdekat di Morne Trois Pitons National Park. Dalam perjalanan pengunjung akan melewati lembah kesedihan, hamparan belerang dari ventilasi vulkanik, sumber air panas, dan lumpur yang menggelegak.

Kota Plymouth yang Terabaikan

Foto : wikimapia.org

Foto : wikimapia.org

Gunung berapi Soufriere di pulau Montserrat, Karibia, meletus pada 1995 untuk pertama kalinya sejak abad ke-17. Letusan mengirim lava dan abu hingga 16 klometer. Sejumlah daerah sekitar di evakuasi dan tak ada korban tewas.

Namun dua tahun kemudian gunung itu meletus kembali. Kali ini menewaskan 19 orang. Letusan menghancurkan kota Plymouth dan menutupi seluruh bagian selatan pulau ini dengan lapisan abu tebal. Wilyah selatan pulau ini juga dinyatakan tak layak huni dan jadi zona eksklusif.

Untuk mencapai Montserrat perlu waktu 15 menit naik pesawat atau dua jam menggunakan feri dari Antigua. Bagian selatan pulau terlarang tapi Anda bisa melihat gunung berapi dengan perahu.

Geyser Terbang di Nevada, Amerika Serikat

Foto Geyser Terbang Nevada : wikipedia.org

Foto Geyser Terbang Nevada : wikipedia.org

Kerucut menonjol dari kalsium karbonat berwarna-warni ini memuntahkan air dari beberapa titik. Pada 1964, sebuah perusahaan energi panas bumi mengebor Black Rock Desert.

Selama bertahun-tahun geyser tumbuh setelah mineral dari air menetap di permukaannya. Sekarang geyser terbang memiliki tinggi 3,65 meter. Alga termofilik membentuk geyser dengan nuansa warna hijau, kuning, oranye dan merah serta membuat geyser tampak seperti Mars.

Geyser ini merupakan properti pribadi yang terletak di State Route 34. Namun masih dapat terlihat dari tropong di daerah terdekat Gerlach. Pemilik properti juga menawarkan wisata beberapa kali dalam setahun.

Gurun Pasir Putih Mesir

Foto : whenonearth.net

Foto : whenonearth.net

Menyerupai jamur raksasa, awan bom atom, dan dalam satu waktu seperti ayam. Formasi batu kapur dari padang pasir putih merupakan sisa-sisa dari bekas dasar laut yang terkikis. Selama periode Cretaceous, ini bagian dari gurun di bawah air.

Cara terbaik menikmati pemandangan ini adalah dengan menginap di kamp di Gurun Pasir Putih semalam. Saat matahari terbit, cahaya menampakkan formasi bebatuan.

Gurun Pasir Putih terletak 40 kilometer dari utara Farafra. Di sana juga terdapat oase di mana pengunjung bisa berenang air panas. ***

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook