Dengan mengakses situs GoWest.ID, anda setuju dengan kebijakan privasi dan ketentuan penggunaannya.
Setuju
GoWest.IDGoWest.ID
  • Reportase
    ReportaseSimak lebih lanjut
    Harapan Transparansi dalam Perubahan Aturan Kawasan Perdagangan Bebas Batam
    14 jam lalu
    Kapal Tongkang Bina Marine 80 Dievakuasi di Perairan Pulau Putri
    1 hari lalu
    Besaran Gaji dan Tunjangan Anggota DPRD RI Setelah Penghapusan Tunjangan Perumahan
    1 hari lalu
    PHK Massal Buruh Rokok di PT Gudang Garam Viral di Media Sosial
    1 hari lalu
    Pemko Batam Mulai Gelar Lelang Jabatan Sekda dan Pejabat Eselon II
    1 hari lalu
  • Ragam
    RagamSimak lebih lanjut
    Rotan Pemukul Bocah
    14 jam lalu
    Festival Pantai Wan Seri Beni: Tradisi dan Kebersamaan di Bintan
    1 hari lalu
    Lionel Messi Cetak Sejarah di Kualifikasi Piala Dunia 2026
    2 hari lalu
    Gerhana Bulan Total: Blood Moon yang Menarik Perhatian di Indonesia
    2 hari lalu
    Penyaluran Seragam Sekolah Gratis di Batam Capai 60 Persen
    5 hari lalu
  • Data
    DataSimak lebih lanjut
    3
    Pantai Pelawan, Karimun
    2 hari lalu
    Pulau Kundur
    2 hari lalu
    Pulau Karimun Besar
    5 hari lalu
    Sulaiman Abdullah
    2 minggu lalu
    4
    Belangkas (Kepiting tapal kuda)
    2 minggu lalu
  • Program
    ProgramSimak lebih lanjut
    #Full Hendrik; Pujakesuma di DPRD Batam
    2 bulan lalu
    #ComingSoon Hendrik; Pujakesuma di DPRD Batam
    2 bulan lalu
    #Full Pelayanan Publik BP Batam : Ngobrol Bareng Deputi VI, Ariastuty Sirait
    2 bulan lalu
    Pelayanan Publik BP Batam : Ngobrol Bareng Deputi VI, Ariastuty Sirait #ComingSoon
    2 bulan lalu
    Ngobrol Everywhere | Bicara Pelayanan Umum BP Batam Bersama Ariastuty Sirait
    2 bulan lalu
TELUSUR
  • Reportase
    • Artikel
    • Serial
    • In Depth
    • Berita Video
    • Cerita Foto
    • Live!
  • Ragam
    • Budaya
    • Pendidikan
    • Lingkungan
    • Sports
    • Histori
    • Catatan Netizen
  • Data
    • Infrastruktur
    • Industri
    • Statistik
    • Kode Pos
    • Rumah Sakit
    • Rumah Susun
    • Tokoh
    • Wilayah
    • Situs Sejarah
    • Seni
  • Partner
    • VOA Indonesia
    • BenarNews.org
  • Yang Lain
    • Tentang Kami
    • Privacy Policy
    • Pedoman Media Siber
Notifikasi Simak lebih lanjut
Aa
Aa
GoWest.IDGoWest.ID
  • Reportase
  • Ragam
  • Program
  • Data
  • Reportase
    • Artikel
    • Serial
    • In Depth
    • Berita Video
    • Cerita Foto
    • Live!
  • Ragam
    • Budaya
    • Pendidikan
    • Lingkungan
    • Sports
    • Histori
    • Catatan Netizen
  • Data
    • Infrastruktur
    • Industri
    • Statistik
    • Kode Pos
    • Rumah Sakit
    • Rumah Susun
    • Tokoh
    • Wilayah
    • Situs Sejarah
    • Seni
  • Partner
    • VOA Indonesia
    • BenarNews.org
  • Yang Lain
    • Tentang Kami
    • Privacy Policy
    • Pedoman Media Siber
Ikuti Kami
  • Advertorial
© 2025 Indonesia Multimedia GoWest. All Rights Reserved.
Histori

Tragedi Tenggelamnya Tampomas II

Editor Admin 9 tahun lalu 3.6k disimak

Api menjalar dari sebuah kapal
Jerit tangis ketakutan keras melebihi gemuruh gelombang yang datang
Sejuta lumba-lumba mengawasi cemas 
Risau Camar membawa kabar, Tampomas terbakar… 


ITU merupakan penggalan lagu Iwan Fals bertajuk Celoteh Camar Tolol dan Cemar, yang mencoba menggambarkan tragedi tenggelamnya KMP Tampomas II.

Awal petaka dimulai pada 25 Januari sekitar Pukul 20.00 WITA. Terjadi kebakaran di geladak bawah, di bagian penyimpanan kendaraan bermotor (car deck). Api lalu menyambar tong minyak pelumas. Kebakaran terus membesar.

Tanggal 27 Januari 1981 menjadi hari yang tak bisa dilupakan bagi masyarakat Indonesia. Di hari itu, sebuah musibah yang menghentak benak Ibu Pertiwi terjadi. Kapal Motor Penumpang (KMP) Tampomas II karam!

Kapal milik Pelni itu tenggelam di sekitar Kepulauan Masalembo di Laut Jawa (termasuk wilayah Jawa Timur). Kala itu, kapal bermuatan 1.054 orang ditambah 82 anak buah kapal (ABK) tengah dalam pelayaran dari Tanjung Priok ke Makassar. Diangkut pula 191 mobil dan 200 sepeda motor.

Menurut data Basarnas, 432 orang tewas (143 mayat ditemukan dan 288 orang hilang bersama kapal) pada kejadian itu. Sementara, 753 orang berhasil diselamatkan. Sumber lain menyebutkan korban sebenarnya mencapai 666 orang.

Foto : © photobucket
Foto : © photobucket

Melihat kondisi itu, awak kapal paham betul, kebakaran di car deck sangat berbahaya. Bagaimana tidak, posisinya begitu dengan kamar mesin.

Dan benar saja, setelah usaha sia-sia memadamkan api selama lebih dari 2 hari, akhirnya pada pagi hari 27 Januari, terjadi ledakan di kamar mesin. Lambung kapal pecah. Air laut tak terbendung membanjiri geladak kapal.

KMP Tampomas II baru benar-benar “ditelan” ganasnya gelombang Laut Jawa setelah 3 hari terbakar.

Meski pada awalnya Mahkamah Pelayaran tak menemukan hal abnormal pada bencana yang menimpa KMP Tampomas II, namun pihak pemerintah tetap membentuk tim investigasi khusus yang dipimpin oleh Bob RE Nasution.

Hasilnya, ditemukan indikasi korupsi pada proses pembelian kapal Tampomas II. Dalam buku Tragedi Besar Tenggelamnya Kapal Tampomas II di Perairan Masalembo oleh Anshari Thajib, disebutkan bahwa KM Tampomas II milik Pelni baru melakukan pelayaran perdananya pada bulan mei 1980. Tapi bukan berarti kapal ini adalah kapal baru.

Berbobot mati 2420 ton dan mampu mengangkut hingga 1250 sampai 1500 penumpang, ini adalah kapal bekas yang dibeli oleh PT. PANN (pengembangan Armada Niaga Nasional, BUMN) dari Komodo Marine Jepang. Lalu kapal ini dibeli seharga USD8,3 juta oleh Pelni secara mengangsur selama 10 tahun.

Sebelum menjadi milik Pelni, kapal tersebut bernama MV. Great Emerald dibuat di jepang pada tahun 1956 dan dimodifikasi pada tahun 1971.

Menurut banyak pihak, harga yang dibayarkan Pelni terlalu mahal untuk sebuah kapal bekas berusia 10 tahun.

Parahnya lagi, begitu dioperasikan, kapal penumpang ini langsung beroperasi terlalu berat tanpa adanya pengecekan dan perawatan yang memadai. KMP Tampomas II kala itu melayani jalur sibuk Jakarta-Padang dan Jakarta-Ujung Pandang.

Setiap selesai pelayaran, kabarnya kapal ini hanya diberi waktu 4 jam saja dan harus siap berlayar untuk tujuan berikutnya.

Muatan Berlebihan

Selain kejanggalan prosedur pembelian dan perawatan, tim investigasi juga menemukan fakta mengejutkan.

karamnya-kmp-tampomas-ii
Foto : © Indocropcircles

Pada saat kejadian, ternyata jumlah total penumpang KMP Tampomas II melebihi kapasitas. Jika pada daftar inventaris tercatat ada 1.054 orang, ditambah 82 awak kapal. Namun faktanya, total penumpang sebenarnya adalah 1.442 orang. Ini artinya, ada ratusan penumpang gelap saat itu. ***

Kaitan kapal tenggelam, masalembo, pelni, tragedi tamponas 2
Admin 16 Oktober 2016 16 Oktober 2016
Apa yang anda pikirkan
Suka sekali0
Sedih0
Gembira0
Tal peduli0
Marah0
Masa bodoh0
Geli0
Artikel Sebelumnya Penelitian USAID Prioritas : Siswa Bisa Baca Tapi Tak Mengerti Makna
Artikel Selanjutnya Merawat Hutan Mangrove Terbaik Di Dunia

APA YANG BARU?

Rotan Pemukul Bocah
Catatan Netizen 14 jam lalu 158 disimak
Harapan Transparansi dalam Perubahan Aturan Kawasan Perdagangan Bebas Batam
In Depth 14 jam lalu 174 disimak
Kapal Tongkang Bina Marine 80 Dievakuasi di Perairan Pulau Putri
Artikel 1 hari lalu 212 disimak
Besaran Gaji dan Tunjangan Anggota DPRD RI Setelah Penghapusan Tunjangan Perumahan
Artikel 1 hari lalu 176 disimak
PHK Massal Buruh Rokok di PT Gudang Garam Viral di Media Sosial
Artikel 1 hari lalu 233 disimak

POPULER PEKAN INI

Pulau Karimun Besar
Wilayah 5 hari lalu 431 disimak
Kapal Pompong Terbalik di Tanjungpinang: Tujuh Penumpang Selamat
Artikel 6 hari lalu 384 disimak
Penumpang Internasional Wajib Isi Deklarasi Kedatangan di All Indonesia Mulai 1 September 2025
Artikel 6 hari lalu 372 disimak
Perubahan Aksi Mahasiswa di Batam: Dari Unjuk Rasa Menjadi Doa Bersama
Artikel 7 hari lalu 371 disimak
Kondisi Rumah Haji Sain yang Dijadikan Cagar Budaya Memprihatinkan
In Depth 5 hari lalu 323 disimak
- Pariwara -
Ad imageAd image
about us

Kami berusaha menjadi CITIZEN yang netral dan objektif dalam menyampaikan pandangan serta pikiran tentang apapun di dunia ini.

  • Privacy Policy
  • Tentang Kami
  • Pedoman Media Siber
Ikuti Kami
© Indonesia Multimedia GoWest 2025. All Rights Reserved.
Welcome Back!

Sign in to your account

Lost your password?