Hubungi kami di

Uang

Wali Kota Batam: Koperasi Mampu Gerakkan Sektor Ekonomi

Terbit

|

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, menyerahkan sertifikat konsultan terinovatif kepada Marlina Ramli. F. Humas Pemko Batam

WALI Kota Batam, Muhammad Rudi, terus menggerakkan semua sektor untuk membangkitkan perekonomian Kota Batam, salah satunya melalui koperasi.

Menurut Rudi, keberadaan koperasi sangat bisa diandalkan guna membangkitkan ekonomi. Apalagi, dalam upaya untuk mengantisipasi resesi ekonomi.

“Koperasi punya jaringan luas dan bertujuan untuk membangkitkan ekonomi masyarakat,” ujar Rudi saat Sosialisasi Peningkatan Akses Pembiayaan dan Penataan Manajemen Koperasi di Ruang Rapat Gedung PLUT KUMKM Bengkong, Kamis (24/11/2022).

Keyakinan Rudi tersebut cukup beralasan, karena koperasi diperkuat dengan dana bergulir. “Sukses untuk koperasi Batam sukses Kota Batam,” imbuhnya.

BACA JUGA :  MUI Kota Batam & Polda Kepri Gelar FGD Penanganan Aliran Keagamaan  Menyimpang

Untuk itu, ia berpesan kepada Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Batam, untuk terus mendukung koperasi yang ada. Sebab, dengan berjalannya koperasi akan menggerakkan sektor ekonomi untuk mendukung jalannya pembangunan Kota Batam.

“Ketangguhan ekonomi, salah satunya melalui jalur koperasi. Saat ini, ada 970 koperasi yang daftar dan hanya 248 yang bergerak,” katanya.

Ia meminta, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Batam untuk mengindentifikasi koperasi yang belum bergerak.

“Silakan dibimbing, diajari hingga bisa dan bergerak semua. Saya yakin, melalui koperasi akan muncul banyak pengusaha, semakin banyak pengusaha maka daerah akan maju,” pesan Rudi.

BACA JUGA :  Kadis Pariwisata: Berwisata di Bintan Tidak Mahal!

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Batam, Suleman Nababan, menyampaikan laporan terkait palaksanaan rapat pelaksanaan koperasi.

“Pemerintah wajib memfasilitasi sistem pelaporan. Dari sisi pembentukan koperasi, sembilan orang sudah bisa mendirikan koperasi. Kami sudah memberikan dukungan dalam bentuk aplikasi sistem pelaporan,” katanya.

Untuk mendukung itu pula, akan dibangun pusat UKM yang rencana akan dibangun di kawasan Temiang.

Di kesempatan itu, Rudi juga menyerahkan sertifikat konsultan terinovatif. Di mana, Batam masuk enam besar konsultan terinovatif se-Indonesia atas nama Marlina Ramli.

(*)

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Sebaran

Facebook

id
enid

id
enid