Hubungi kami di

Ini Batam

Walikota Ajak Seluruh Masyarakat Menjaga Kesaktian Pancasila

Terbit

|

UPACARA Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tingkat Kota Batam dilaksanakan di Dataran Engku Putri, Selasa (1/10). Walikota Batam, Muhammad Rudi bertindak selaku inspektur upacara.

Dikutip dari Media Centre, upacara yang dimulai pukul 07.30 WIB ini dihadiri anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD). Walikota didampingi Wakil Walikota Batam, Amsakar Achmad dan Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin.

“Kesaktian Pancasila, sakti bisa gabungkan kita semua. Saya mengajak seluruh masyarakat Batam secara utuh menjaga ini semua. Mari kita jaga Pancasila. Dan saat ini kita lagi membagun, tidak lain adalah untuk kita semua,” kata Rudi.

Terkait maraknya aksi demo akhir-akhir ini, Rudi juga menyampaikan rasa syukur karena anak-anak Batam dalam menyampaikan aspirasinya langsung ke pemimpin. Tidak melalui aksi turun ke jalan seperti di beberapa daerah lain di Indonesia.

BACA JUGA :  Masuk Pelabuhan Tikus, Bakamla Amankan 47 TKI dari Malaysia

Sementara itu Ketua DPRD Kota Batam, Nuryanto, mengatakan warga Batam wajib menjaga dan mengamalkan Pancasila. “Kita Indonesia, Kita Pancasila,” ucapnya.

Pada saat upacara, Nuryanto mendapat tugas membacakan Ikrar, yang berisikan kebulatan tekad untuk mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila, sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dikesempatan tersebut beberapa harapan juga disampaikan oleh Pimpinan FKPD Batam.

Danlanal Batam, Kolonel Laut (P) Alan Dahlan mengungkapkan meski berbagai ancaman, berbagai teror, dan berbagai cobaan yang dihadapi, kita tetap Pancasila. Sebagai daerah perbatasan dan miniatur Indonesia, Batam memiliki ancaman tersendiri. Untuk itu harus tetap dan terus waspada dalam melihat situasi di daerah perbatasan.

“Terlebih kita berbatasan dengan negara asing, Malaysia dan Singapura yang dinamikanya dari waktu ke waktu berubah. Kita harus menjaga dan waspada serta bersinergi menjaga Batam,” sebutnya.

BACA JUGA :  Lelang Aston Martin Volante Punya Pangeran Charles, Harganya Capai Rp. 5 Miliar

Letkol Ahmad Daud Harahap, Dandim 0316/Batam mengatakan Ideologi Pancasila sebagai harga mati. Khususnya di Batam TNI/Polri dan masyarakat harus menjaga itu semua.

“Keberagaman semua suku agama ada di Batam dan kita harus menjaga itu. Mari bersama menjaga kedamaian dan keamanan. Itu harga mati tidak ada kata lain untuk itu,” ujarnya.

Komandan Pangkalan Angkatan Udara (Danlanud), Letkol Pnb. Urip Widodo mengatakan “Kita Pancasila, suri teladan pejuang yang rela berkorban untuk bersama menjaga NKRI”.

Ditutup oleh Ketua Pengadilan Negeri Kota Batam, Wahyu Iman Santoso, memaknai hari Kesaktian Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, ciri Indonesia karena berbeda-beda tetap satu jua.

Sumber : Media Centre

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Sebaran

Facebook

[GTranslate]