Hubungi kami di

Ini Batam

Warga Batam Diimbau Waspada Masa Transisi ke Endemi Covid-19

Terbit

|

Sekretaris Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kota Batam, Yusfa Hendri. F. Dok. Humas Pemko Batam

SEKRETARIS Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kota Batam, Yusfa Hendri, menyampaikan agar warga tetap waspada dalam masa transisi dari pandemi menuju endemi Covid-19.

Menurut Yusfa, meskipun kasus harian Covid-19 di Batam sudah melandai, namun pihaknya meminta warga tetap waspada dengan menerapkan protokol kesehatan guna menekan angka kasus terkonfirmasi harian Covid-19.

“Kasus Covid-19 di Batam, Kepri, Indonesia serta dunia pada umumnya sudah sangat melandai jika dibandingkan pada tahun 2020 dan 2021. Makanya sekarang banyak negara yang sudah berancang-ancang beralih dari pandemi ke endemi. Bapak Presiden juga melakukan konsultasi ke WHO tentang peralihan status pandemi jadi endemi saat ini,” kata Yusfa, Jumat (7/10/2022).

BACA JUGA :  Punya Bakat Seni! Ayo Daftar Kepri Most Talented 2022

Ditehaskannya sepanjang belum ada instruksi atau arahan dari pemerintah pusat terkait peralihan dari pandemi ke endemi, maka penerapan protokol kesehatan di ruang publik merupakan hal mutlak dan wajib yang harus dilakukan oleh seluruh warga Kota Batam.

“Kita dan masyarakat di Batam tetap menunggu arahan lebih lanjut, apakah status akan berubah dari pandemi jadi endemi. Tapi sepanjang belum ada instruksi itu penerapan protokol kesehatan adalah hal mutlak yang harus dilakukan,” ujar dia.

BACA JUGA :  Doni Monardo Pimpin Rapat Kerja Penanganan Pemulangan PMI ke Indonesia

Lebih lanjut, Yusfa menjelaskan pada Kamis (6/10) di Kota Batam terdapat sebanyak 14 kasus aktif, jumlah kasus terkonfirmasi 2 orang, dan 3 lainnya dinyatakan sembuh.

Sementara itu, dari 14 kasus aktif tersebut, sembilan orang menjalani isolasi mandiri dan lima orang lainnya tengah menjalani perawatan di rumah sakit rujukan Covid-19.

Secara kumulatif sejak awal pandemi, sebanyak 31.375 orang terkonfirmasi Covid-19, sebanyak 30.430 orang di antaranya menyelesaikan isolasi, 931 meninggal dan 14 kasus aktif.

(*)

Sumber: Antara

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Sebaran

Facebook

id
enid

id
enid