Hubungi kami di

Ini Batam

Asosiasi Pedagang dan Peternak Batam Tolak Datangkan Sapi dan Kambing dari Bali

Terbit

|

Sapi-sapi di kandang milik salah satu pedagang hewan kurban di area Masjid Agung Batam, Batam Center. F. Dok. Suara.com/partah

RENCANA Pemerintah Kota (Pemko) Batam mendatangkan sapi dan kambing untuk hewan kurban dari Bali, mendapat penolakan dari Asosiasi Pedagang Peternak Sapi dan Kambing Kota Batam.

Hal ini disampaikan Penasehat Asosiasi Pedagang Peternak Sapi dan Kambing Kota Batam, Musofa, Jumat (20/5/2022).

“Kami para pedagang tidak setuju dengan saran yang diberikan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Batam, karena langkah itu bukan langkah yang pas,” ujarnya.

Musofa menjelaskan, para pedagang sebelumnya pernah mensuplai sapi dari Pulau Bali yang diangkut melalui jalur laut. Namun begitu sampai di Batam, banyak sapi yang stres bahkan sakit.

BACA JUGA :  Masjid Agung Batam Direnovasi, Bakal Berubah Hingga 80 Persen

“Dari pengalaman ini, kami tidak lagi mensuplai sapi dari Pulau Bali, karena selain kos yang besar, sapi yang tiba di Batam juga banyak yang stres,” sebutnya.

Musofa menjelaskan, selama sapi berada di laut, sapi akan susah makan. Hal ini yang membuat sapi sakit.

Sapi, lanjutnya, jika kurang makan satu hari, timbangannya akan turun satu kilogram. Jadi jika tujuh hari, berarti turunnya bisa mencapai tujuh kilogram.

BACA JUGA :  Penyelesaian Persoalan Lahan Kampung Tua Di Batam Terus Digesa

“Rata-rata sapi mengalami sakit paru-paru selama perjalanan, belum lagi pemulihannya di Batam, sementara sebentar lagi sudah Iduladha,” papar Musofa.

Ia menjelaskan, peternak di Bali tidak memiliki sapi jenis metal. Sementara sapi jenis ini merupakan sapi yang biasa dikurbankan para pejabat.

“Hal ini juga yang membuat kami berat untuk mensuplai sapi dari Bali. Kami berharap kebijakan ini bisa dikaji ulang, karena Batam bukanlah daerah ternak akan tetapi daerah konsumsi,” imbuhnya.

(*)

sumber: Kompas.com

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Sebaran

Facebook

id
enid

id
enid