Hubungi kami di

Ini Batam

Cegah Demam Berdarah, Dinkes Kota Batam Giatkan Penyuluhan

Terbit

|

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Batam, Melda Sari. F. Dok. Ulasan.co

DALAM upaya pencegahan demam berdarah dengue (DBD), serta menekan risiko penularan penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus dengue tersebut, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam menggiatkan penyuluhan pola hidup bersih dan sehat kepada masyarakat.

Menurut Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Batam, Melda Sari, selain penyuluhan, upaya yang dilakukan juga pemberantasan sarang nyamuk, dan program satu rumah satu juru pemantau jentik untuk mencegah penularan DBD.

Melda mengatakan, kegiatan penyuluhan mengenai pencegahan DBD dilaksanakan oleh 21 puskesmas yang tersebar di 12 wilayah kecamatan di Kota Batam.

“Di setiap kecamatan ada puskesmas, dan puskesmas ini juga fungsinya untuk promosi kesehatan. Artinya mengedukasi masyarakat melalui kegiatan di masing-masing posyandu,” kata Melda, dikutip dari Antara, Kamis (1/9/2022).

BACA JUGA :  Resmikan Masjid Al-Aqso Jodoh, Gubernur Kepri Dorong Legalitas Rumah Ibadah

Ia menjelaskan bahwa setiap tahun Wali Kota juga menerbitkan surat edaran untuk menggerakkan warga melaksanakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN).

Pemberantasan sarang nyamuk untuk mencegah penularan DBD dilakukan melalui gerakan 3M Plus, yang mencakup kegiatan menguras dan membersihkan tempat penampungan air, menutup rapat tempat penampungan air, serta memanfaatkan kembali limbah barang bekas yang bernilai ekonomis.

Plusnya antara lain penggunaan obat anti nyamuk, pemasangan kawat kasa pada jendela dan ventilasi, gotong royong membersihkan lingkungan, pemeriksaan tempat-tempat penampungan air, dan penanaman tanaman pengusir nyamuk.

BACA JUGA :  Perolehan Medali Sementara Porprov Kepri 2022, Batam Memimpin

Melda mengatakan bahwa selama 2021 ada 710 kasus DBD di Kota Batam dan sejak awal Januari hingga Agustus 2022 tercatat sudah ada 610 kasus DBD di Kota Batam.

“Kalau untuk penyebaran, ini karena sedang perubahan cuaca ya, kadang hujan kadang panas, memang agak naik dibanding sebelumnya. Sampai hari ini sudah ada 610 kasus DBD,” katanya.

Ia menekankan pentingnya partisipasi aktif masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan serta memberantas sarang nyamuk perantara penularan virus dengue di lingkungan permukiman dalam upaya pencegahan DBD.

(*)

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Sebaran

Facebook

id
enid

id
enid